Amartha dan Kominfo Dorong Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM
Amartha dan Kominfo dorong digitalisasi UMKM di Desa (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) prosperity platform yang berfokus pada penyediaan akses keuangan inklusif bagi UMKM, mengumumkan kolaborasinya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam pelaksanaan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM “UMKM Level Up”.

Dalam program ini, Amartha sebagai salah satu fasilitator memberikan fasilitas pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan, yang bertujuan untuk memfasilitasi adopsi teknologi digital 4.0 bagi para pelaku UMKM. 

Program pelatihan dan pendampingan ini merupakan inisiatif Kementerian Kominfo guna mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian pelaku usaha UMKM melalui ekosistem digital. 

“Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Kementerian Kominfo dalam mengakselerasi adopsi teknologi digital 4.0 di kalangan UMKM Indonesia," ucap Budhi Siswoadji, Chief Operating Officer Amartha dalam pernyataannya. 

Penandatangan kerja sama peluncuran program ini sendiri sebenarnya telah dilakukan pada bulan Mei lalu di Jakarta, dan dihadiri oleh Kementerian Kominfo, Amartha, beserta 110 fasilitator lainnya yang akan terlibat dalam pelaksanaan program tersebut. 

“Melalui program ini, kami akan meningkatkan adopsi digital bagi pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat dan memfasilitasi inkubasi bisnis 100 pelaku UMKM binaan Kementerian Kominfo yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produknya," ujar Samuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo. 

Dengan melibatkan para fasilitator, Sammy berharap peningkatan level adopsi teknologi digital dan peningkatan kemampuan bisnis dapat memberi nilai lebih serta mendorong produksi dalam negeri yang berdampak pada peningkatan nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Program kelas tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo di berbagai wilayah meliputi Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat & Timur, Papua dan Papua Barat dengan tema seputar inklusi keuangan dan digital. 

Selama enam bulan ke depan, Amartha akan menyampaikan materi yang relevan dan mendampingi UMKM dalam mendigitalisasi perekonomian.