Optimalkan Potensi Digital, Kominfo Lakukan Akselerasi Literasi Digital dari Hulu ke Hilir
Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba (foto: dok. Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam upaya mendorong hilirisasi mengoptimalkan potensi digital, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus melakukan akselerasi transformasi digital dari hulu hingga hilir.

Di tingkat hulu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan bahwa Kominfo terus mengupayakan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur digital. 

Sementara di hilir, serangkaian program perluasan adopsi teknologi digital juga dilaksanakan bersamaan agar pemerataan infrastruktur digital diiringi dengan pemanfaatan oleh masyarakat.

“Agar konektivitas dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat secara merata, Kominfo menyediakan akses internet, kabel serat optik, microwave hingga peluncuran Satelit Republik Indonesia atau SATRIA-1," ucap Mira dalam siaran persnya. 

Selain itu, Kominfo juga melakukan serangkaian program perluasan adopsi teknologi digital seperti fasilitasi serta pendampingan terhadap masyarakat dan UMKM untuk mengadopsi teknologi digital.

Karena menurutnya, koneksi ke jaringan internet saja tidak cukup untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo juga meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

“Masyarakat juga harus memiliki literasi dan kecakapan digital yang memadai. Apalagi berdasarkan riset Bank Dunia, Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta-talenta digital hingga 15 tahun ke depan," pungkasnya.