Meta Tambahkan Banyak Fitur Baru untuk Bikin Konten Video di Facebook
Facebook, kembali meluncurkan banyak fitur baru untuk konten video di media sosialnya (foto: facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Meta belum menyerah dengan Facebook, perusahaan kembali meluncurkan banyak fitur baru untuk konten video di media sosialnya itu.

Salah satunya alat pengeditan video yang diperkenalkan perusahaan untuk format Instagram Reels awal tahun ini. Pengguna sekarang dapat mengedit video yang telah mereka posting di Feeds.

"Kami telah mulai meluncurkan perubahan yang menghadirkan alat pengeditan yang sama dari Reels untuk membuat video dinamis untuk Feeds," ungkap Meta pada pengumumannya, dikutip Selasa, 18 Juli.

Dari sana, pengguna bisa menambahkan audio, musik, teks, mempercepat, membalik dan mengganti klip, memudahkan mereka menyempurnakan Reels. Fitur pengeditan ini juga tersedia di Meta Business Suite untuk Reels dan video di Feed.

Pengguna dapat memadukan suara yang tepat ke dalam video dengan menjelajahi dan menambahkan klip musik, audio, merekam sulih suara dan mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan.

Bahkan, pengguna sekarang bisa mengunggah video HDR dari ponsel mereka ke Reels. Selain itu, Meta turut mengubah fungsionalitas dari tab Video yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook Watch.

Sekarang Meta menjadikannya sebagai wadah untuk semua video di Facebook, termasuk Reels, konten berdurasi panjang, dan Live.

Tab Video akan terlihat familier, di mana pengguna dapat menggulir secara vertikal melalui Feeds dipersonalisasi yang merekomendasikan semua jenis konten video.

Pengguna juga dapat melihatnya secara horizontal, sehingga mereka bisa dengan cepat beralih ke video berdurasi pendek.

Segera, pengguna akan melihat Video sebagai tab di bilah pintasan di iOS di bagian bawah aplikasi, dan di Android pada bagian atas. Tab di bilah pintasan berubah berdasarkan bagian aplikasi yang paling sering pengguna gunakan.

Lebih lanjut, Meta mendesain ulang video Jelajahi untuk membantu pengguna menemukan dan menyelami lebih dalam topik video populer di Facebook.

Tab Jelajahi dapat mudah ditemukan dengan mengetuk ikon pencarian di tab Video yang akan muncul berbagai gulungan, video berdurasi panjang, dan video langsung yang terkait dengan topik serta tagar relevan.

"Kami menggunakan campuran kurasi manusia dan pembelajaran mesin untuk memilih topik dan video yang populer dan menampilkan yang menurut kami akan Anda nikmati dan menarik," ujar Meta.

Sekarang di Facebook, pengguna dapat melihat dan menulis komentar di Instagram Reels yang telah direkomendasikan di Facebook tanpa perlu beralih antar aplikasi, dengan cara menambahkan akun Facebook dan Instagram ke Pusat Akun lebih dahulu.