Apa Itu Hujan Meteor Perseid yang Terjadi pada 12-13 Agustus? Berikut Pengertian, Waktu Puncak, dan Cara Melihatnya
Ilustrasi hujan meteor (Foto: Pixabay/zjxte)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fenomena langit hujan meteor Perseid dapat disaksikan di atas langit Indonesia pada 12 dan 13 Agustus 2023. Lantas, apa itu hujan meteor Perseid? Kapan waktu terbaik untuk melihatnya? Bagaimana cara menikmati hujan meteor Perseid? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak pada artikel berikut ini. Baca terus sampai selesai, ya!

Apa itu Hujan Meteor Perseid?

Dirangkum dari berbagai sumber, hujan meteor perseid merupakan fenoma langit yang terjadi ketika Bumi melewati jejak debu komet Swift-Tuttle.

Komet Swift-Tuttle mengorbit matahari setiap 133 tahun sekali dan meninggalkan puing-puing di jalurnya.

Nah, saat Bumi melintasi jejak ini, puing-puing tersebut masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar karena gesekan udara, menciptakan cahaya tampak seperti bintang jatuh.

Fenomena astronomi ini lantas disebut sebagai hujan meteor Perseid. Dinamai demikian karena tampak berasal dari rasi bintang Perseus, yang terletak di langit timur laut.

Hujan meteor Perseid tahun ini disebut sebagai fenomena langit terbaik 2023.

Waktu Terbaik Melihat Hujan Meteor Perseid

Waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Perseid adalah pada tanggal 13 Agustus 2023, sekitar pukul 11.00 WIB, malam hingga dini hari. Pada tanggal dan jam tersebut, hujan meteor Perseid diperkirakan akan mencapai puncaknya.

Pada saat itu, diprediksi bakal ada sekitar 100 meteor melintas setiap jam di atas langit Indonesia.

Kendati demikian, Anda juga dapat menyaksikan hujan meteor ini beberapa hari sebelum atau sesudah tanggal tersebut, kendati dengan intensitas yang lebih rendah.

Cara Menyaksikan Hujan Meteor Perseid

Cara melihat hujan meteor Perseid dapat dilakukan dengan mata telanjang. Ini artinya, Anda tidak memerlukan alat bantu seperti teleskop atau binokular.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang cuaca atau iklim, karena hujan meteor ini tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.

Hanya saja perlu diperhatikan adalah kondisi langit, sebab jika tertutup awan atau polusi cahaya, Anda akan sulit melihat fenomena hujan meteor ini.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar dapat menikmati hujan meteor Perseid dengan lebih maksimal, antara lain:

  • Mencari lokasi minim polusi cahaya, seperti pedesaan atau pegunungan. Jangan menyaksikan hujan meteor Perseid di tempat yang banyak lampunya. Semakin gelap langitnya, semakin baik.
  • Berbaring di tempat nyaman dan luas, seperti halaman rumah, taman, atau lapangan. Anda juga dapat membawa tikar, bantal, selimut, atau kursi santai agar lebih santai dan rileks.
  • Melihat ke arah langit timur laut, tempat rasi bintang Perseus terbit. Anda bisa menggunakan aplikasi peta langit untuk membantu Anda menemukan rasi bintang ini.
  • Bersabar dan nikmati pemandangan. Jangan berharap melihat banyak meteor sekaligus, karena mereka biasanya muncul secara acak dan singkat. Apabila beruntung, Anda mungkin bisa melihat beberapa meteor lebih besar dan terang, yang disebut fireball atau bola api.

Demikian informasi tentang apa itu hujan meteor Perseid. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.