X Sengaja Blokir Akses Tautan ke Pesaingnya Instagram dan Situs Berita yang Dibenci Elon Musk
X diklaim memperlambat akses ke situs pihak ketiga. (foto: dok. X)

Bagikan:

JAKARTA - Platform rebranding Twitter, X diklaim memperlambat akses ke situs pihak ketiga. Sejauh ini, dilaporkan rata-rata yang terdampak adalah media online dan jejaring sosial pesaingnya, seperti Instagram.

Peristiwa ini menyebabkan pengguna X yang mengklik tautan akan beralih ke situs lain atau membuka layar kosong yang berlangsung selama beberapa detik.

Di antara publikasi berita itu, termasuk New York Times, Reuters, Instagram, Blue Sky dan jejaring sosial lainnya. Diduga karena mereka kerap mengkritik pemilik X Elon Musk dengan kontroversinya.

Musk awal tahun ini berseteru dengan New York Times atas penolakannya untuk membayar program baru verifikasi berbayar platformnya, dan dia menyerukan agar situs berita tersebut dibatalkan.

Tampaknya, penundaan tersebut hanya berdampak pada tautan yang beralamatkan t.co, sebuah layanan yang memproses dan menyingkat tautan yang diposting ke X.

Menurut kabar beredar, masalah ini sudah diperbaiki dengan tautan yang terbuka dalam satu detik setelah diklik.

Langkah X tidak mengejutkan, pasalnya pada Desember 2022, situs microblogging itu memutuskam untuk melarang tautan ke layanan media sosial saingannya Facebook, Instagram dan Mastodon, yang kemudian dibatalkan.

Platform ini juga menghadapi serangkaian pemadaman dan masalah teknis dalam beberapa bulan terakhir yang memengaruhi kemampuan pengguna untuk membaca Tweet, melihat foto, dan mengklik tautan setelah Musk memangkas karyawan perusahaan dan mengurangi pengeluaran infrastruktur. Demikian dikutip dari The Guardian dan CNN Internasional, Rabu, 16 Agustus.

Terkait