Crew-7 Sampai di ISS, Bersiap Memulai 200 Eksperimen di Luar Angkasa
Crew-7 yang diangkut oleh Dragon dari SpaceX (foto: dok. SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA - Misi Crew-7 yang meluncur dari Bumi pada Sabtu 26 Agustuis pukul 3:27 pagi EDT, telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Minggu, 27 Agustus pukul 9:26 pagi ET.

Dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX, para astronom menunggangi kapsul Dragon yang diluncurkan dari Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Antariksa Kennedy, Florida, Amerika Serikat (AS).

Dragon membawa astronot NASA Jasmin Moghbeli, astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Andreas Mogensen, astronot Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) Satoshi Furukawa, dan kosmonot Badan Antariksa Rusia (Roscosmos) Konstantin Borisov.

Keempat astronot tersebut harus menghabiskan waktu selama sekitar 30 jam untuk sampai di ISS. Mereka akan memulai tugas enam bulan di stasiun mengorbit Bumi itu, dan melakukan 200 eksperimen ilmiah untuk mempersiapkan misi mendatang ke Bulan dan Planet Mars.

Eksperimen tersebut mencakup pengumpulan sampel mikroba dari bagian luar ISS, studi pertama tentang respons manusia terhadap durasi penerbangan luar angkasa yang berbeda dan penyelidikan aspek fisiologis tidur astronot.

Crew-7 akan bergabung dengan kru Ekspedisi ISS 69 yang terdiri dari astronot NASA Stephen Bowen, Woody Hoburg dan Frank Rubio, astronot Uni Emirat Arab (UEA) Sultan Alneyadi dan kosmonot Roscosmos, Sergey Prokopyev, Dmitri Petelin dan Andrey Fedyaev.