Apa Itu Backlit Keyboard? Ini Manfaat dan Cara Menyalakannya
Ilustrasi backlit keyboard (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tentu Anda pernah mendengar istilah backlit keyboard. Istilah tersebut kerap dikaitkan dengan lampu yang ada di keyboard eksternal di PC atau keyboard di laptop. Lalu apa itu backlit keyboard sebenarnya? Artikel ini akan memberikan informasi teknologi yang berkaitan dengan backlit pada keyboard untuk Anda.

Apa Itu Backlit Keyboard?

Dikutip dari situs resmi HP, backlit keyboard adalah keyboard yang memiliki fitur lampu di bagian bawah tombolnya. Lampu tersebut akan menerangi huruf, simbol, atau tombol lain yang terpasang di keyboard dari bawah sehingga huruf dan simbol akan terlihat terang meski berada di ruangan minim cahaya.

Logo yang tercetak tuts keyboard biasanya dicetak tanpa warna alias transparan. Saat lampu di bawah keyboard aktif, maka logo akan terlihat menyala. Bahkan lampu tersebut ikut menerangi sela-sela di sekitar tombol bahkan keyboard sehingga visibilitas bertambah.

Sedangkan lampu yang digunakan pada backlit keyboard biasanya terdiri dari bola lampu LED mini, sehingga pencahayaan lebih maksimal namun tak memakan banyak energi.

Perlu diketahui bahwa meski terdapat lampu, cahaya backlit keyboard bisa disesuaikan dan diatur dengan beragam tingkat kecerahan. Bahkan pengguna bisa mematikan lampu tersebut tergantung preferensi pengguna

Manfaat Backlit Keyboard

Tidak semua pengguna PC atau laptop memang membutuhkan fitur backlit keyboard. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan cahaya pada laptop membantu pengguna di beberapa kondisi. Adapun manfaat backlit keyboard adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan Penerangan pada Tuts Keyboard

Fungsi utama backlit keyboard adalah untuk memberikan penerangan tambahan di tuts keyboard. Penerangan tersebut akan sangat membantu terutama saat pengguna PC atau laptop sedang berada di ruangan yang minim cahaya.

  1. Menambah Estetika

Backlit keyboard juga secara signifikan menambah estetika pada perangkat Anda. Fungsi ini biasanya digunakan oleh gamers atau konten kreator yang mengharuskan mereka memperlihatkan perangkat PC mereka termasuk keyboard.

  1. Meningkatkan Visibilitas

Pengaruh lampu pada keyboard akan meningkatkan visibilitas tombol. Sehingga saat pengguna sedang bekerja atau melakukan kegiatan lain dengan keyboard, kecepatan jari bisa dicapai dengan mudah karena adanya peningkatan visibilitas. Hal itu tentu berbanding terbalik dengan keyboard biasa dan berada di ruangan minim cahaya.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop

Perlu diketahui bahwa saat ini mulai banyak laptop yang dilengkapi dengan lampu keyboard meski tidak semua. Untuk mengaktifkan lampu keyboard, pengguna harus menyalakannya dengan kombinasi tombol. Cara menyalakannya pun beragam tergantung merek. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Cara Aktifkan Keyboard Laptop Asus: Secara umum menekan F7 akan menyalakan fitur backlite keyboard di laptop Asus. Namun di beberapa seri harus menekan F3 dan F4. Sedangkan untuk laptop seri gaming pengguna cukup menekan arah panah naik dan turun. Sedangkan untuk atur kecerahan lampu keyboard laptop Asus adalah dengan menekan Fn+F7. Untuk model lain dengan menekan F3 atau F4 dan tombol naik atau turun.
  • Cara Aktifkan Keyboard Laptop Lenovo: Pengguna laptop Lenovo, misal serti Thinkbook, dapat menyalakan lampu keyboard dengan menekan Fn+Space bar. Di bagian space bar ada ikon cahaya.
  • Cara Aktifkan Keyboard Laptop Acer: Tekan tombol Fn dan F9 agar lampu di keyboard menyala.
  • Cara Aktifkan Keyboard Laptop HP: tekan tombol F5.
  • Cara Aktifkan Keyboard Laptop Dell: Sama seperti HP, lampu keyboard laptop Dell dapat menyala saat pengguna menekan tombol F5.

Itulah informasi terkait apa itu backlit keyboard. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.