Ini yang Akan Terjadi Jika Regulator Setujui ETF Bitcoin
Dampak ETF Bitcoin terhadap pasar kripto. (Foto; Dok. Livecoin)

Bagikan:

JAKARTA - Para analis kripto telah mengungkapkan optimisme mereka terhadap kemungkinan persetujuan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot, yang diharapkan akan memberikan dampak besar pada ekosistem pasar kripto. Seiring dengan itu, perkembangan dalam gugatan yang melibatkan Grayscale juga bisa menjadi panduan penting bagi regulasi ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat.

Sebelumnya, JP Morgan menganalisis bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mungkin akan terpaksa menyetujui proposal ETF Bitcoin dari Grayscale untuk menjadi ETF spot. Namun, masih menjadi pertanyaan besar perusahaan mana yang akan mengajukan proposal tersebut, seperti Blackrock, Ark Invest, atau Fidelity Bitwise.

Komunitas kripto melihat persetujuan ETF sebagai peluang untuk mengalirkan dana besar ke dalam pasar aset digital. Seorang investor Bitcoin, Lark Davis, memprediksi bahwa jika ETF disetujui, jumlah uang tunai sekitar 20 hingga 30 miliar dolar AS (sekitar Rp304 hingga Rp457 triliun) bisa mengalir ke dalam Bitcoin. Untuk memberikan gambaran, ini dapat mewakili sekitar setengah dari total Bitcoin yang ada dalam bursa kripto saat ini.

ETF Bitcoin Akankah Berhasil?

Konsep ETF yang didukung oleh aset lain telah terbukti berhasil di Amerika Serikat sebelumnya. Sebagai contoh, peluncuran SPDR Gold Trust ETF (GLD), yang didukung oleh emas, pada November 2004, terbukti berhasil. Setelah peluncuran ETF ini, harga emas terus meningkat selama bertahun-tahun. Pertanyaannya sekarang, apakah Bitcoin akan mengikuti tren serupa setelah persetujuan ETF Bitcoin?

Berdasarkan perkiraan, aliran dana segar dari persetujuan ETF Bitcoin potensial ini bisa memicu kenaikan harga Bitcoin sebesar 50% dari harga saat ini. Michael Saylor, salah satu pendiri MicroStrategy dan pendukung Bitcoin, terus mempertahankan keyakinannya pada aset ini.

MicroStrategy juga berencana untuk terus membeli Bitcoin, memperkuat posisinya sebagai pemegang Bitcoin institusional terbesar. Dengan berbagai potensi manfaat ini, dunia kripto dengan antusias menantikan keputusan SEC yang akan datang.