Pengguna MetaMask Bisa Konversi ETH ke Mata Uang Fiat Melalui Fitur Rilis Fitur Anyar "Fiat-Off-Ramp"
Dompet kripto MetaMask bakal hadirkan layanan penjualan ETH ke fiat. (Foto; Dok. Bitcoin Exchange Guide)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 5 September, MetaMask, salah satu dompet mata uang kripto terpopuler, mengumumkan peluncuran fitur terbaru yang mengizinkan pengguna untuk menjual Ether (ETH) ke mata uang fiat.

Dalam pengumuman resmi di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), MetaMask menjelaskan bahwa pengguna dengan dompet kripto yang terhubung ke aplikasi Portofolio terdesentralisasi sekarang dapat mengonversi kepemilikan ETH menjadi mata uang fiat dan mentransfernya langsung ke rekening bank pengguna.

Layanan ini awalnya tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa bagian Eropa. Walaupun awalnya berfokus pada ETH, MetaMask berencana untuk memperluas fitur ini untuk jaringan layer dua (L2) di masa depan.

Pengembangan ini menghadirkan kemudahan dalam proses konversi aset digital ke mata uang fiat dan memperbaiki pengalaman pengguna dengan menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan pertukaran mata uang kripto sebagai perantara.

Ini adalah langkah signifikan yang terjadi hanya lima bulan setelah MetaMask Portofolio memungkinkan pengguna untuk membeli mata uang kripto dengan menggunakan metode fiat tradisional.

Sebelumnya, MetaMask memungkinkan setoran dari rekening bank, PayPal, kartu debit, dan kartu kredit, yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan dunia aset digital dengan aset tradisional. Dengan fitur terbaru ini, MetaMask sekarang menawarkan solusi lengkap untuk konversi aset, menciptakan aliran dua arah untuk mengubah mata uang konvensional menjadi mata uang kripto dan sebaliknya.

Dalam terminologi blockchain, istilah fiat on-ramps dan fiat off-ramps merujuk pada jalur untuk mengubah mata uang konvensional menjadi mata uang kripto dan sebaliknya. Sebelum fitur ini diluncurkan, MetaMask lebih berfungsi sebagai "fiat on-ramp," memungkinkan pengguna untuk memasukkan uang tradisional ke dalam dunia mata uang kripto.

Kini, dengan adanya fitur "fiat off-ramp," MetaMask mengisi peran penting dalam ekosistem, memberikan kemampuan lengkap untuk konversi aset, baik masuk maupun keluar dari dunia kripto.