Snapchat Luncurkan Fitur Baru untuk Melindungi Remaja di Media Sosial
Fitur baru Snapchat (foto:Snapchat)

Bagikan:

JAKARTA - Snapchat meluncurkan fitur-fitur baru dalam beberapa minggu mendatang, untuk meningkatkan perlindungan anak-anak yang berusia 13 - 17 tahun dari potensi risiko online di platformnya. 

Perusahaan mengatakan bahwa fitur-fitur ini bertujuan untuk melindungi remaja agar tidak dihubungi oleh orang yang tidak mereka kenal, memberikan konten yang sesuai usia mereka, dan juga menghapus konten yang tidak sesuai. 

Kontak Lebih Aman

Untuk melindungi anak-anak dari orang yang tidak dikenal, Snapchat mewajibkan remaja untuk menambahkan orang tersebut sebagai teman Snapchat atau kontak buku telepon sebelum mereka dapat mulai berkomunikasi. 

Untuk itu, Snap Inc. menghadirkan fitur baru yang akan mengirimkan peringatan pop-up kepada remaja jika seseorang mencoba menambahkan mereka sebagai teman, ketika mereka tidak berbagi kontak bersama atau orang tersebut tidak ada dalam kontak mereka.

Perusahaan juga mewajibkan anak berusia 13-17 tahun untuk memiliki beberapa teman yang sama dengan pengguna lain sebelum mereka dapat muncul di hasil Penelusuran atau sebagai saran teman. 

Sistem Teguran Baru

Snapchat juga akan meluncurkan sistem teguran baru dan menerapkan moderasi konten tambahan untuk membantu menghapus akun yang memasarkan dan mempromosikan konten yang tidak sesuai usia. 

Snapchat akan segera menghapus konten tidak pantas yang mereka deteksi secara proaktif atau yang dilaporkan kepada perusahaan.

Edukasi Tentang Risiko Online yang Umum

Terakhir, Snapchat juga merilis konten dalam aplikasi baru yang diharapkan dapat membantu remaja menjelaskan risiko online dan membagikan sumber daya penting bagi pengguna, seperti hotline yang dapat dihubungi untuk mendapatkan bantuan. 

Konten ini akan ditampilkan di platform Stories Snapchat, dan ditampilkan kepada pengguna berdasarkan istilah Pencarian atau kata kunci yang relevan.