DuckDuckGo Bersiap Hadapi Sidang <i>Antitrust</i> yang Menentukan Lawan Google
DuckDuckGo bersiap melawan hegemoni Google di mesin pencarian internet. (foto: twitter @duckduckgo)

Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo, yang telah lama mengeluh bahwa taktik Google membuatnya sulit untuk mendapatkan penggunaan mesin pencari mereka di ponsel, akan menjadi salah satu dari banyak pesaing terhadap raksasa pencarian online yang siap menghadapi sidang antitrust sekali seumur hidup yang dijadwalkan dimulai pada Selasa, 12 September.

Amerika Serikat akan berargumen bahwa Google tidak bermain fair dalam upayanya untuk mendominasi pencarian online dalam sidang yang dianggap sebagai pertarungan untuk "jiwa Internet".

Departemen Kehakiman AS diperkirakan akan menjelaskan bagaimana Google membayar miliaran dolar setiap tahun kepada produsen perangkat seperti Apple Inc., perusahaan wireless seperti AT&T, dan pembuat browser seperti Mozilla untuk menjaga mesin pencari Google tetap menjadi yang terbaik.

DuckDuckGo juga telah mengeluh, misalnya, bahwa menghapus Google sebagai mesin pencari default pada perangkat dan menggantinya dengan DuckDuckGo memerlukan terlalu banyak langkah, sehingga menjaga pangsa pasar mereka hanya sekitar 2,3%.

DuckDuckGo, Microsoft, dan Yahoo termasuk dalam daftar panjang pesaing Google yang akan memantau sidang ini dengan cermat.

"Google membuatnya terlalu sulit untuk menggunakan DuckDuckGo secara default. Kami senang masalah ini akhirnya akan dibawa ke pengadilan," kata juru bicara DuckDuckGo, Kamyl Bazbaz, yang mengatakan bahwa Google memiliki "kendali kuat atas titik distribusi utama selama lebih dari satu dekade."

Google sendiri telah membantah melakukan kesalahan dan bersiap untuk membela diri dengan tegas atas semua gugatan itu.

Pertempuran hukum ini memiliki dampak besar bagi Big Tech, yang dituduh membeli atau menjatuhkan pesaing kecil tetapi telah melindungi diri sendiri dari banyak tuduhan yang melanggar hukum antitrust karena layanan yang diberikan perusahaan-perusahaan tersebut kepada pengguna gratis, seperti yang terjadi pada Alphabet's Google  dan Facebook, atau dengan harga rendah, seperti yang terjadi pada Amazon.com.

“Sulit untuk melebih-lebihkan pentingnya kasus ini, terutama bagi monopoli dan perusahaan-perusahaan dengan pangsa pasar yang signifikan,” kata pengacara antitrust, Luke Hasskamp, kepada Reuters.

"Ini akan menjadi kasus besar, terutama bagi perusahaan teknologi besar di dunia (Google, Apple, Twitter, dan lainnya), yang telah tumbuh menjadi memiliki peran yang terlalu besar dalam hampir semua aspek kehidupan kita," tambahnya.

Sidang antitrust sebelumnya yang memiliki tingkat penting serupa termasuk kasus Microsoft, diajukan pada tahun 1998, dan AT&T, diajukan pada tahun 1974. Pemecahan AT&T pada tahun 1982 diakui sebagai pembuka jalan bagi industri ponsel modern sementara pertempuran dengan Microsoft diakui sebagai pembuka jalan bagi Google dan perusahaan lainnya di internet.

Kongres mencoba membatasi Big Tech tahun lalu tetapi sebagian besar gagal. Mereka mempertimbangkan undang-undang untuk mengawasi kekuatan pasar perusahaan-perusahaan tersebut, seperti legislasi untuk mencegah mereka memberikan preferensi kepada produk mereka sendiri, tetapi gagal melewati yang paling agresif di antara mereka.

Saingan Big Tech sekarang menggantungkan harapannya pada Hakim Amit Mehta, yang dinominasikan oleh mantan Presiden AS Barack Obama untuk Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia.

Gugatan yang akan disidangkan dibawa oleh Departemen Kehakiman bekas Presiden Donald Trump. Dalam pertunjukan jarang terjadi kesepakatan bipartisan, Departemen Kehakiman dari Presiden Joe Biden telah melanjutkan gugatan tersebut dan mengajukan gugatan kedua terhadap Google pada bulan Januari yang berfokus pada teknologi periklanan. Baca lebih lanjut

Hakim Mehta akan memutuskan apakah Google telah melanggar hukum antitrust dalam sidang pertama ini, dan jika ya, apa yang harus dilakukan. Pemerintah telah meminta hakim untuk menghentikan segala aktivitas ilegal Google tetapi juga mendorong "pelonggaran struktural yang diperlukan," yang menimbulkan kemungkinan bahwa raksasa teknologi tersebut bisa diwajibkan untuk dibagi.

Argumen terkuat pemerintah adalah melawan perjanjian pembagian pendapatan Google dengan pembuat Android, yang mengharuskan Google menjadi satu-satunya mesin pencari di smartphone sebagai imbalan persentase dari pendapatan periklanan pencarian, kata Daniel McCuaig, mitra di Cohen Milstein yang sebelumnya bekerja di Divisi Antitrust Departemen Kehakiman AS.