Coinbase Gandeng Bitcoin Lightning Network (LN) untuk Transaksi Lebih Cepat dan Murah
Coinbase gunakan Lightning Network. (Foto; Dok. Blockchain News)

Bagikan:

JAKARTA - Coinbase, salah satu bursa kripto terbesar di dunia, telah mengumumkan rencananya untuk mengintegrasikan Bitcoin Lightning Network (LN) ke dalam infrastrukturnya. Keputusan ini diambil setelah bursa tersebut membentuk tim untuk mengevaluasi kelayakan integrasi LN.

LN adalah protokol pembayaran layer 2 yang diciptakan untuk meningkatkan skalabilitas Bitcoin dan memungkinkan transaksi Bitcoin yang lebih murah dan lebih cepat. Protokol ini pertama kali diusulkan oleh Joseph Poon dan Thaddeus Dryja dalam sebuah whitepaper pada Januari 2016. LN bekerja dengan cara mengurangi beban pada jaringan Bitcoin, terutama selama periode permintaan tinggi.

Sebelumnya, banyak bursa kripto terkemuka seperti Kraken, Bitfinex, Binance, dan bahkan Coinbase, enggan mengadopsi LN. Mereka menganggap bahwa integrasi LN tidak akan berdampak signifikan pada pendapatan mereka, sehingga tidak menarik untuk diimplementasikan.

Akantetapi situasi berubah ketika Kraken dan Binance mengumumkan integrasi penuh dengan LN untuk penarikan dan penyetoran Bitcoin pada tahun 2022. Hal ini menimbulkan pertanyaan terhadap Coinbase yang sebelumnya mengabaikan LN. Bahkan CEO Block, Jack Dorsey, dan pendiri MicroStrategy, Michael Saylor, juga secara terbuka mempertanyakan keputusan Coinbase.

CEO Coinbase, Brian Armstrong, dengan cepat mengklarifikasi posisinya. Dia menyatakan bahwa mereka sedang mencari cara terbaik untuk mengintegrasikan Lightning Network. Meskipun dia tidak memberikan jadwal pasti, Armstrong menegaskan bahwa pihaknya mendukung pembayaran dengan Bitcoin.

Proses integrasi LN ini rencananya akan dipimpin oleh Protocol Specialist di Coinbase, Viktor Bunin. Armstrong menekankan pentingnya integrasi ini, menyebut Bitcoin sebagai aset kripto paling penting dan bahwa Coinbase ingin memungkinkan transaksi Bitcoin yang lebih cepat dan lebih murah. Kendati begitu, dia juga memperingatkan bahwa proses ini akan memakan waktu dan meminta kesabaran dari pengguna platform Coinbase.