<i>Whale</i> Kripto Ini Kirim Puluhan Juta XRP ke Bitstamp
Aset kripto XRP. (Foto; Dok. Cryptonomist)

Bagikan:

JAKARTA - Aset kripto XRP, yang diterbitkan oleh Ripple sedang menjadi sorotan utama di dunia finansial. Spekulasi seputar kasus hukum antara Ripple dan SEC semakin memanas dan meramaikan kondisi pasar hari ini.

Dalam sebuah transaksi besar yang mencuri perhatian, sekitar 28,6 juta XRP baru-baru ini dipindahkan dari dompet yang tak dikenal ke bursa kripto, Bitstamp, seperti yang dilaporkan oleh Whale Alert.

Berdasarkan laporan terbaru, transaksi senilai $14,64 juta (Rp225 miliar) ini terjadi pada tanggal 19 September. Peristiwa ini menjadi sorotan setelah akhir pekan sebelumnya, di mana seorang anonim mengirimkan 100 juta XRP kepada Ripple Labs.

Pengirim 100 juta XRP tersebut kemudian teridentifikasi sebagai dompet yang terkait dengan bursa kripto Kanada, SideShift. Ripple sendiri kemudian melakukan transfer 75 juta XRP ke salah satu dompetnya dan 46 juta XRP lainnya ke penerima yang tidak dikenal. Ini memicu spekulasi tentang peran Ripple dalam pertukaran di luar bursa atau redistribusi aset.

Meskipun transaksi besar ini, harga XRP mencatatkan kenaikan pada tanggal 20 September, mendekati angka $0,52 (sekitar Rp7.400). Untuk informasi lebih lanjut, saat ini harga XRP telah naik sekitar 1,99% menjadi $0,5189 (sekitar Rp7.350), dengan volume perdagangan harian mencapai $1.006.300.171 (sekitar Rp14,2 triliun). Harga tertinggi dalam 24 jam terakhir mencapai $0,5233 (sekitar Rp7.430), sementara harga terendahnya adalah $0,5043 (sekitar Rp7.150).

Selain pergerakan harga, XRP juga menjadi perbincangan karena perwakilan hukumnya mengkritik New York State Department of Financial Services (NYDFS) karena mencabut XRP dari daftar kripto dan stablecoin yang diizinkan. Sementara itu, John Deaton, seorang pengacara yang mewakili pemegang XRP dalam kasus Ripple Vs. SEC, memberikan petunjuk akan adanya pengumuman besar, yang memicu spekulasi di pasar.

Sementara itu, para investor dengan cemas menantikan hasil pertemuan FOMC yang dijadwalkan hari ini. Para ahli memperkirakan keputusan kenaikan suku bunga dapat berdampak signifikan pada pasar kripto, termasuk harga XRP.

Meskipun harapan pasar adalah Federal Reserve akan menunda rencana kenaikan suku bunga untuk saat ini, pergerakan tak terduga dapat memengaruhi sentimen pasar. Data menunjukkan sekitar 99% trader percaya pada penundaan kenaikan suku bunga Fed akan mempengaruhi pasar kripto, menurut CME FedWatch.