Misi Psyche NASA Akan Mengungkapkan Potensi Kekayaan Besar di Asteroid 16 Psyche
Misi Psyche NASA akhirnya diluncurkan (foto: twitter @nasa)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berbulan-bulan antisipasi, misi Psyche NASA akhirnya diluncurkan pekan lalu oleh Badan antariksa AS diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida.

Psyche adalah pesawat luar angkasa yang dibangun untuk menjelajahi asteroid 4,5 miliar tahun bernama 16 Psyche, yang diperkirakan oleh para ilmuwan kaya akan material besi, nikel, dan emas senilai lebih dari 10.000 kuadriliun dolar AS.

Jumlah tersebut cukup untuk membuat setiap orang di Bumi menjadi miliarder. Namun NASA sendiri saat ini tidak ada rencana untuk mengekstraksi logam berharga tersebut.

Peluncuran Psyche sebelumnya telah ditunda sekali, di mana pesawat luar angkasa senilai 1,2 miliar dolar AS (Rp18,8 triliun) yang awalnya dijadwalkan untuk meluncur ke angkasa pada 5 Oktober, namun ditunda selama seminggu agar para insinyur dapat memperbarui konfigurasi penggeraknya.

Ketika mencapai orbit, Psyche akan memulai perjalanan 3,6 miliar kilometer selama enam tahun menuju batu luar angkasa bernama sama, 16 Psyche. Asteroid berukuran 280 kilometer ini terletak di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter.

Tidak ada pesawat luar angkasa yang pernah mengunjungi objek seperti 16 Psyche - diyakini memiliki permukaan yang mengandung jumlah logam yang signifikan daripada batu atau es - tetapi jika semuanya berjalan lancar, wahana tersebut akan tiba di tujuan pada Juli 2029.

Asteroid yang tidak beraturan dan berbentuk kentang ini diyakini sebagai inti yang terbuka dari protoplanet yang hancur - bahan pembentuk planet berbatu di tata surya kita: Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Jika benar demikian, ini bisa memberikan kesempatan unik untuk mempelajari bagaimana planet seperti milik kita, Bumi, terbentuk.

Para ilmuwan mengatakan batu luar angkasa ini kemungkinan adalah salah satu yang selamat dari tabrakan bertubi-tubi yang keras, yang umum terjadi saat tata surya sedang terbentuk.

Selama tabrakan dan penggabungan planetesimal yang lebih kecil, objek yang lebih besar tersebut awalnya sepenuhnya cair. Logam berat kemudian tenggelam ke inti, sementara batuan yang lebih ringan mengapung ke permukaan.

Namun, menurut NASA, 16 Psyche kemudian dikenai tabrakan lain oleh asteroid lain yang mengupas lapisan batuannya dan meninggalkan inti logam telanjang yang terdeteksi hari ini.

Studi spektroskopis dan observasi radar menunjukkan bahwa permukaannya mencapai 95 persen nikel dan besi, komposisi yang mirip dengan inti Bumi.

Menurut Dr. Linda Elkins-Tanton, ilmuwan antariksa di MIT, jika 16 Psyche memang penuh dengan logam berharga, itu bisa bernilai jumlah uang yang besar. Dia telah menghitung bahwa besi di 16 Psyche sendiri akan bernilai 10.000 kuadriliun dolar AS.

Asumsikan pasar untuk bahan dari asteroid berada di Bumi, hal ini dapat menyebabkan nilai logam berharga merosot, dan secara keseluruhan menyebabkan perekonomian dunia kolaps.

Tentu saja, semua ini bersifat spekulatif dan hipotetis, karena jika batu luar angkasa tersebut bernilai hampir sebanyak itu, tidak mungkin mudah untuk membawanya kembali ke Bumi dan saat ini tidak ada rencana untuk melakukannya.