Google Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Diskriminasi Gender dan Didenda Rp17,4 Miliar
Kepada eksekutif Google Cloud perempuan, Ulku Rowe (foto: twitter @UlkuRowe)

Bagikan:

JAKARTA - Juri di sebuah pengadilan menyatakan Google bersalah dalam kasus diskriminasi gender dan memberikan ganti rugi 1,1 juta dolar AS (Rp17,4 miliar) kepada eksekutif Google Cloud perempuan, Ulku Rowe, yang mengajukan keluhan.

Dalam gugatan Rowe, ia mengklaim bahwa perusahaan memberikan gaji lebih tinggi kepada rekan-rekan laki-laki yang kurang berpengalaman dan kemudian menolak memberikannya promosi sebagai pembalasan terhadap keluhannya, baik yang diajukan secara internal maupun di pengadilan.

Bloomberg Law melaporkan bahwa juri memutuskan bahwa Google harus membayar Rowe sebagai ganti rugi dan atas penderitaan yang dialaminya. Namun, juri dilaporkan juga menemukan bahwa meskipun Google memperlakukan Rowe "berbeda dari karyawan lain karena jenis kelaminnya," Rowe tidak berhasil membuktikan bahwa Google melanggar hukum New York dengan membayarannya lebih rendah daripada dua rekan laki-laki sejawatnya.

Sebelum persidangan dimulai, Rowe mengatakan bahwa waktunya di Google "terbayangi oleh apa yang saya yakini sebagai kompensasi dan perlakuan yang tidak adil karena jenis kelamin saya."

Dia mengklaim bahwa setelah perusahaan mengabaikannya dalam promosi menjadi wakil presiden yang diberikan kepada seorang pria yang tidak melamar dan tidak memenuhi syarat, dan setelah dia mengajukan gugatan, perusahaan kembali menolak memberikannya promosi serupa.

Dalam sebuah email yang dikirim kepada The Verge, Pengacara Cara Green dari Outten & Golden mengatakan bahwa "putusan bulat tidak hanya memvalidasi tuduhan-tuduhan Nyonya Rowe tentang perlakuan buruk oleh Google," tetapi juga mengirim pesan bahwa "diskriminasi dan pembalasan tidak akan ditoleransi di tempat kerja."

Juru bicara Google, Courtenay Mencini, mengatakan dalam pernyataan yang dikirimkan melalui email kepada The Verge bahwa perusahaan "senang" dengan temuan juri bahwa Rowe telah "dibayar dan di-levelkan secara adil," dan bahwa "dia kemudian tidak ditolak promosi apa pun - tanpa pelanggaran hukum kesetaraan bayaran New York."  

"Kami tidak setuju dengan temuan juri bahwa Nyonya Rowe didiskriminasi karena jenis kelaminnya atau bahwa dia mendapat pembalasan atas pengaduan tentang gajinya, level, dan jenis kelaminnya. Kami melarang pembalasan di tempat kerja dan secara terbuka membagikan kebijakan kami yang sangat jelas. Kami menganggap serius keluhan karyawan, dan kami menyelidiki keluhan Nyonya Rowe secara menyeluruh ketika dia mengajukannya dan menemukan bahwa tidak ada diskriminasi atau pembalasan," ungkap Mencini.

Green memberikan penghargaan atas "upaya ribuan karyawan Google yang melakukan aksi protes pada tahun 2018 dan menuntut reformasi." Lebih dari 20.000 karyawan dan kontraktor Google melakukan protes dengan melakukan mogok pada tahun tersebut setelah penyelidikan New York Times mengungkapkan bahwa perusahaan telah memberikan 90 juta dolar AS (Rp1,4 triliun) kepada salah satu pendiri Android saat ia meninggalkan perusahaan karena tuduhan pelecehan seksual