Google Berusaha Perbaiki Bug Android 14 yang Ciptakan Masalah Seperti Ransomware
Ket. foto: Google berusaha atasi masalah bug di Android 14 (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Android 14 dianggap sebagai mimpi buruk bagi banyak penggunanya. Sistem ini membawa bug yang membuat perangkat menjadi bermasalah karena penyimpanan yang mendadak terkunci.

Parahnya, beberapa pengguna mengalami ransomware, malware berbahaya yang digunakan untuk mengenkripsi data pengguna hingga data itu tidak bisa diakses atau terblokir. Pengalaman yang begitu mengerikan.

Sebelumnya, hal ini hanya terjadi di Pixel 6. Namun, lama-kelamaan masalah ini meluas hingga keluhan datang dari pengguna Pixel 6A, 7, 7A, Pixel Fold, dan Pixel Tablet yang sudah di-upgrade ke Android 14.

Selain masalah hilangnya data, beberapa pengguna juga mengeluh karena ponsel mereka sering melakukan reset pabrik bahkan hingga menghapus seluruh data secara tiba-tiba.

Melihat masalah ini, Google akhirnya bertindak. Mengutip dari The Verge, pihak Google mengatakan bahwa tim mereka sedang bekerja keras dalam memperbaiki masalah bug tersebut.

Sejauh ini, masalah telah meluas hingga ada 420 keluhan dari berbagai pengguna dengan tipe ponsel yang berbeda. Seluruh pengguna pun menempelkan file log dan mengunggah gambar dari layar ponsel mereka.

Beberapa orang mengaku tidak bisa mengambil tangkapan layar karena ponsel mereka tidak memiliki penyimpanan yang tersedia, sedangkan sisanya menganggap ponselnya terinfeksi malware.