Cara Mudah Mengunci Aplikasi dengan Kode Sandi Hingga Touch ID di iPhone
 Cara mengunci aplikasi di iPhone menggunakan kode sandi hingga Touch ID (foto: dok. pexels)

Bagikan:

 

JAKARTA - Kode kunci hingga auntentikasi biometrik merupakan bentuk perlindungan yang ada di sistem ponsel, khususnya iPhone. Ada beberapa aplikasi bawaan yang memiliki keduanya, tetapi ada juga yang tidak.

Beberapa pengguna mungkin merasa butuh kode sandi atau autentikasi biometrik untuk menjaga privasi. Namun, tidak semua orang tahu cara mengunci aplikasi di iPhone. Berikut merupakan cara mengunci aplikasi di iPhone, mengutip dari Makeuseof.

Mengunci Aplikasi dengan Kode Sandi

Anda bisa menggunakan Durasi Layar untuk mengunci beberapa aplikasi di perangkat iPhone. Untuk mengaktifkannya, Anda perlu membuka Pengaturan dan mencari Durasi Layar.

Buka Aktivasi Aplikasi & Situs Web, kemudian pilih menu aktifkan. Setelah itu, ketuk Pengaturan Waktu Layar Kunci dan masukkan kode sandi empat digit. Kata sandi ini berbeda dengan kata sandi untuk membuka layar iPhone.

Jika sudah, buka Batas Aplikasi dan Tambahkan Batas. Setelah itu, masukkan kode sandi Durasi Layar yang sudah dibuat untuk mengakses halaman. Anda bisa mengunci seluruh aplikasi atau beberapa aplikasi yang diinginkan.

Setelah memiliki sejumlah aplikasi yang ingin dikunci, tetapkan waktu untuk batas aplikasi, lalu ketuk Tambah untuk menyimpan pengaturan kode sandi. Sekarang, aplikasi Anda bisa langsung terkunci setelah batas waktu yang ditetapkan berakhir.

Mengunci Aplikasi dengan Face ID atau Touch ID

Jika Anda ingin mengakses aplikasi yang terkunci dengan lebih mudah, Anda bisa menggunakan autentikasi biometrik berupa Face ID atau Touch ID. Penguncian ini berbeda dengan Durasi Layar.

Untuk mengatur autentikasi biometrik, Anda perlu mengatur Face ID dan Touch ID terlebih dahulu. Setelah menambahkan Face ID dan Touch ID, keduanya sudah bisa digunakan untuk mengunci aplikasi yang diinginkan.

Sayangnya, tidak semua aplikasi mendukung penguncian dengan Face ID atau Touch ID. Namun, beberapa aplikasi populer seperti WhatsApp dan Messenger bisa menggunakan dua sistem penguncian bawaan iPhone ini.

Itu dia dua tipe penguncian aplikasi yang bisa Anda gunakan pada beberapa aplikasi yang diinginkan. Anda bisa memilih tipe penguncian aplikasi sesuai preferensi atau kemudahannya.