Telegram Luncurkan Fitur Baru, Bisa Kutip Pesan dan Ganti Warna Akun
Telegram luncurkan banyak fitur baru (foto: Telegram)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram mengumumkan beberapa pembaruan, seperti kemampuan yang memungkinkan Anda mengutip bagian pesan tertentu, kirim balasan ke obrolan lain, tambahkan pemformatan kutipan ke teks, konfigurasikan pratinjau tautan, pilih warna untuk akun, dan lain-lain.

Kutipan Teks

Dengan pembaruan ini, Anda sekarang dapat mengutip sebagian dari pesan yang dikirim oleh teman Anda. Dengan demikian, Anda bisa membuat tanggapan yang tepat, terhadap kalimat tertentu.

Berdasarkan cuplikan video yang dibagikan, cara kerja fitur ini adalah dengan menekan lama pesan dari pengguna lain, kemudian tekan teks lagi untuk memilih kalimat mana yang akan Anda kutip.

Setelah itu, sebuah bubble mengambang akan muncul dan berisikan tiga pilihan aksi, yaitu Copy, Quote, Translate. Untuk mengutip teks, pilih Quote. Setelah itu, balas kutipan tersebut.

Tidak hanya bisa mengutip dan membalas pesan dari pengguna lain, Anda juga dapat mengutip balasan dari Anda sendiri. Jadi, ketika Anda membalas pesan mereka, Anda bisa meng-highlight kata tertentu dengan fitur kutipan ini.

Caranya, Anda cukup ketikan jawaban balasan Anda, kemudian sorot kata atau kalimat yang ingin Anda kutip, selanjutnya pilih Format > Quote. Fitur kutipan ini baru diluncurkan untuk pengguna iOS.

Kirim Balasan ke Obrolan Lain

Mulai hari ini, balasan juga bisa dikirim ke obrolan lain jika Anda ingin membalasnya secara pribadi atau pindahkan diskusi ke kelompok berbeda atau saluran. 

Kemampuan ini tampaknya mirip dengan "Balas secara pribadi" di WhatsApp. Untuk membalas dalam obrolan yang berbeda di Telegram, ketuk bilah balasan di atas bidang input, pilih “Balas dengan Obrolan Lain”, lalu pilih di mana Anda ingin mengirimnya.

Pratinjau Tautan yang Dapat Disesuaikan

Pembaruan ini memberi Anda kontrol atas pratinjau tautan dalam pesan Anda. Anda dapat mengubah ukuran media, pilih apakah pratinjau muncul atas atau di bawah pesan Anda dan pilih tautan mana yang akan dipratinjau jika ada beberapa.

Balas, Penerusan, dan Pengaturan Tautan

Setiap kali Anda membalas saat meneruskan pesan, termasuk tautan dalam balasan, atau melakukan ketiganya bersama, Anda sekarang dapat mengakses semua pengaturan menggunakan tab baru di menu.

Warna Akun

Dengan Telegram Premium, Anda dapat menyesuaikan akun Anda lebih jauh dari sebelumnya dengan memilih warna atau kombinasi warna untuk akun Anda. Ini mengubah warna namamu dalam semua kelompok, apa saja tautan yang Anda kirim, juga balasan ke pesan Anda.

Perbaikan Stories

Stories sekarang memungkinkan Anda maju cepat dan mundur video, dengan hanya cukup tahan di layar dan kemudian geser ke kanan atau kiri. Untuk selfie yang lebih cerah, Anda dapat menggunakan flash depan.

Untuk menyesuaikan kehangatan dan intensitas lampu kilat, tahan ikon petir saat menggunakan kamera menghadap ke depan untuk sebuah cerita.