Warga AS Diminta Matikan NameDrop di iOS 17, Benarkan Fiturnya Berbahaya?
Fitur NameDrop diduga berbahaya/DOK APPLE

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Amerika Serikat mengatakan fitur NameDrop di iOS 17 berbahaya bagi para pengguna iPhone. Bahkan, mereka meminta warga untuk segera mematikan fitur tersebut.

Menurut kepolisian, fitur ini akan aktif secara otomatis setelah pengguna iPhone memperbarui iOS mereka. Jika tidak dimatikan, fitur ini akan membagikan informasi kontak kepada orang di sekitarnya.

“Pembaruan iPhone iOS 17 memiliki fitur baru, NameDrop, yang defaultnya adalah pengaturan aktif setelah pembaruan, memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi kontak saat berada di samping iPhone lain,” tulis akun firstsheriff di platform X.

Meski peringatan itu dikeluarkan dengan tujuan yang baik, yaitu menjaga privasi data dari orang lain, informasi yang disampaikan tidak akurat. Peringatan ini bisa memunculkan rasa khawatir yang berlebihan bagi para pengguna iPhone.

 

Mengutip dari Makeuseof, informasi kontak tidak akan berpindah secara otomatis ketika dua perangkat iPhone didekatkan. Pengguna masih harus memberikan izin agar kontak mereka bisa dibagikan ke perangkat lain.

Saat fitur NameDrop menyala, perangkat yang didekatkan akan memunculkan notifikasi di layar yang bertuliskan Bagikan Kontak Anda. Pengguna akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu Terima Saja dan Bagikan.

Dengan kendali ini, pengguna iPhone tidak perlu khawatir tentang masalah keamanannya. Sejak pertama kali diluncurkan, Apple sudah mempertimbangkan privasi dan keamanan dari fitur tersebut sehingga informasi kontak tidak mungkin berpindah secara otomatis.