Sejumlah Aksesoris Apple Mungkin Beralih ke USB-C Tahun Depan
Aksesori Apple yang dikabarkan berganti ke kabel USB-C (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA – Satu per satu perangkat Apple mulai berhenti menggunakan kabel Lighting dan beralih ke USB-C. Perubahan kabel ini dimulai dari iPhone 15 series, kemudian disusul Pencil dan AirPods.

Baru-baru ini, Apple dikabarkan akan mengganti seluruh kabel Lightning di aksesoris Mac mereka. Mengutip dari Techradar, rangkaian aksesoris yang akan menggunakan kabel USB-C adalah Magic Mouse, Magic Keyboard, dan Magic Trackpad.

Dari rumor yang beredar, seluruh aksesoris terbaru Apple dengan kabel USB-C akan diluncurkan pada musim semi tahun depan. Kemungkinan, peluncuran ini terjadi di antara bulan Maret, April, atau Mei.

Jika perubahan ini benar terjadi, Apple mungkin ingin menghentikan penggunaan kabel Lightning secara keseluruhan. Namun, mereka akan tetap memproduksi kabel Lightning karena banyak masyarakat yang masih menggunakan perangkat lama dengan kabel tersebut.

Apple pertama kali mengganti kabel mereka karena aturan dari Uni Eropa (UE). Pada tahun 2019, UE membuat undang-undang yang mengatur perangkat elektronik dengan gelombang radio seperti ponsel pintar.

Dalam aturan tersebut, seluruh perusahaan teknologi wajib menggunakan USB-C di seluruh perangkat, termasuk ponsel pintar. Hal ini wajib dipatuhi demi mengurangi limbah elektronik di wilayah Eropa.

Awalnya, Apple tak mau mengganti kabel Lightning yang mereka kembangkan. Namun, mengingat undang-undang ini wajib dipatuhi agar perangkat iPhone bisa masuk ke Eropa, Apple akhirnya mengubah kabel di iPhone 15 series.

Sebenarnya, ada keuntungan lain dari penggunaan kabel USB-C. Selain karena harganya yang relatif lebih murah, kabel ini memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan Lightning. USB-C sudah mencapai 10Gbps, sementara Lightning hanya 480Mbps.