Regulator Cina Umumkan Aturan Baru untuk Pembatasan Pengeluaran Gim
Tencent terpengaruh oleh kebijakan baru pemerintah China tentang gim. (foto: x @tencent)

Bagikan:

JAKARTA - Pada  Jumat, 22 Desember regulator Cina mengumumkan serangkaian aturan yang bertujuan untuk membatasi pengeluaran dan imbalan yang mendorong permainan video. Hal ini, memberikan pukulan bagi pasar gim terbesar di dunia yang kembali tumbuh tahun ini.

Aturan baru tersebut, yang efektif akan menetapkan batas pengeluaran untuk game online, memicu kepanikan di kalangan investor, menghapus hampir  80 miliar dolar AS (Rp1.237,3 triliun) dari nilai pasar dua perusahaan gim terbesar di Cina, karena investor mencoba menilai dampak potensialnya terhadap pendapatan dan adanya pembatasan lebih lanjut.

Game online sekarang akan dilarang memberikan imbalan kepada pemain jika mereka masuk setiap hari, jika mereka menghabiskan uang untuk gim tersebut untuk pertama kalinya, atau jika mereka menghabiskan uang beberapa kali secara berturut-turut. Semua itu adalah mekanisme insentif yang umum dalam game online.

Saham Tencent Holdings, perusahaan gim terbesar di dunia, turun sebanyak 16% pada satu titik, sementara saham pesaing terdekatnya, NetEase, terjun sebanyak 25% setelah Administrasi Pers dan Publikasi Nasional mengumumkan aturan baru tersebut.

Saham investor teknologi Prosus  mengikuti penurunan Tencent, kehilangan 14,2% dalam perdagangan awal pada hari Jumat dan menjadi salah satu penurun terbesar di indeks saham pan-Eropa. Prosus memiliki 26% saham Tencent.

"Bukan necessarily regulasinya - tapi risiko kebijakannya yang terlalu tinggi," kata Steven Leung, direktur eksekutif penjualan institusional di broker UOB Kay Hian di Hong Kong. "Orang berpikir risiko semacam ini seharusnya sudah berakhir dan mulai melihat fundamental lagi. Ini sangat merusak kepercayaan."

Ketika ditanya tentang dampak aturan draft, Wakil Presiden Tencent Games, Vigo Zhang, mengatakan bahwa Tencent tidak perlu mengubah "model bisnis atau operasinya secara mendasar" untuk gim, dan menambahkan bahwa perusahaan telah secara ketat menerapkan persyaratan regulasi.

Zhang menambahkan bahwa sejak 2021, anak-anak telah menghabiskan uang dan waktu secara historis rendah untuk gim Tencent, ketika perlindungan terhadap anak-anak menjadi fokus bagi Beijing.

Sementara NetEase menolak untuk berkomentar.

Beijing semakin keras terhadap permainan video selama bertahun-tahun. Pada 2021, Cina menetapkan batas waktu bermain yang ketat untuk usia di bawah 18 tahun dan menangguhkan persetujuan gim baru selama sekitar delapan bulan, dengan alasan kekhawatiran adiksi bermain.

Meskipun pemberlakuan ini resmi berakhir tahun lalu dengan dilanjutkannya persetujuan gim baru, regulator terus memberlakukan pembatasan untuk mengendalikan pengeluaran "di dalam gim".

Aturan baru yang diumumkan pada Jumat adalah yang paling eksplisit yang ditujukan untuk membatasi pengeluaran di dalam gim. Selain melarang fitur imbalan, gim juga diharuskan menetapkan batas berapa banyak pemain dapat menambah saldo dompet digital mereka untuk pengeluaran di dalam gim.

"Penghapusan insentif ini kemungkinan akan mengurangi pengguna aktif harian dan pendapatan aplikasi, dan pada akhirnya bisa memaksa penerbit untuk secara mendasar mengubah desain permainan dan strategi monetisasinya," kata Ivan Su, seorang analis di Morningstar.

Gim juga dilarang menawarkan fitur undian keberuntungan berbasis probabilitas kepada anak di bawah umur dan melibatkan spekulasi serta pelelangan item permainan virtual.

Namun, aturan baru tersebut mencakup proposal yang diperkirakan akan disambut baik oleh industri, yaitu mewajibkan regulator untuk memproses persetujuan gim dalam waktu 60 hari.

Sementara itu, regulator Cina juga mengumumkan pada hari yang sama izin untuk 40 gim impor baru untuk rilis domestik, yang dianggap sebagai sinyal kemauan Beijing untuk memperbolehkan lebih banyak game di negara tersebut, meskipun aturan draft tentang pengeluaran game.

Aturan baru tersebut juga mencerminkan kekhawatiran Beijing tentang data pengguna, yang mewajibkan penerbit gim untuk menyimpan server mereka di dalam Cina.

Administrasi ini mengajukan komentar publik tentang aturan tersebut hingga 22 Januari 2024.

Sebagai hasil dari pengetatan Beijing terhadap gim pada tahun 2021, tahun 2022 menjadi tahun paling sulit bagi industri gim Cina sepanjang sejarah, karena total pendapatan menyusut untuk pertama kalinya.

Pasar gim video Cina kembali tumbuh tahun ini dengan pendapatan dalam negeri naik 13% menjadi 303 miliar yuan, menurut Asosiasi Industri CGIGC.

Aturan draft yang keras ini juga membuat bayangan pada saham game secara global. Saham game AS seperti Roblox, Electronic Arts, dan Unity Software  turun antara 1,7% dan 3,1% pada Jumat, sementara di Eropa, pengembang game video Prancis, Ubisoft , turun lebih dari 3%