Mercari Akan Menerima Pembayaran Menggunakan Bitcoin pada Platform E-Commerce Jepang"
Mercari, salah satu platform e-commerce terbesar di Jepang, (foto: x @mercari_app)

Bagikan:

JAKARTA - Mercari, salah satu platform e-commerce terbesar di Jepang, akan memungkinkan pengguna untuk membeli produk yang terdaftar di aplikasi flea market-nya menggunakan Bitcoin (BTC) mulai Juni 2024.

Menurut laporan Nikkei, platform e-commerce ini akan memfasilitasi transaksi Bitcoin melalui anak perusahaannya yang berbasis di Tokyo, Melcoin.

Harga barang yang terdaftar di aplikasi flea market akan ditampilkan dalam yen Jepang, dengan opsi pembayaran menggunakan Bitcoin. Penjual masih akan menerima Bitcoin yang dibayar dalam mata uang fiat lokal, karena marketplace akan mengonversi BTC melalui mitra pertukaran mereka secara real-time.

Mercari adalah salah satu marketplace e-commerce konsumen-ke-konsumen terbesar di Jepang, dengan 22 juta pengguna bulanan. Marketplace ini diluncurkan pada tahun 2013 dan dalam lima tahun, menjadi platform e-commerce berbasis komunitas terbesar di negara ini, dengan tingkat penggunaan 94%.

Platform ini mencatat keuntungan sebesar 2,8 miliar yen (Rp300,9 miliar) pada kuartal ketiga 2023, dan penawaran opsi pembayaran dengan Bitcoin dapat mendorong adopsi BTC yang lebih lanjut di negara yang canggih dalam teknologi ini.

Selama bertahun-tahun, Mercari telah merangkul kripto di platformnya. Baru-baru ini, perusahaan meluncurkan layanan perdagangan kripto Mercari Bitcoin, yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual BTC menggunakan hasil dari penjualan di platform tersebut.

Program loyalitas raksasa e-commerce ini juga berpusat pada kripto, memungkinkan pengguna menukarkan poin mereka dengan mata uang kripto.

Jepang dianggap sebagai negara pro-kripto dengan regulasi yang lebih baik bagi bisnis untuk beroperasi dan menawarkan layanan kepada pelanggan. Ini telah membantu platform e-commerce menjadi gerbang bagi adopsi kripto di negara tersebut.

Selain Mercari, Rakuten—platform e-commerce lain yang terkemuka—juga telah pro-kripto selama waktu yang lama, yang memungkinkan pengguna untuk menukarkan poin loyalitas menjadi kripto dan mengembangkan platform token nonfungibel asli.