Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun ke-86 Artis Senior Aminah Cendrakasih
Google Doodle Aminah Cendrakasih (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-86 dari artis senior Indonesia bernama Aminah Cendrakasih, yang juga terkenal sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Wanita yang lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 29 Januari 1938 ini memiliki ayah seorang komedian dan ibunya yang juga seorang aktris. Dia mengikuti jejak orang tuanya sejak remaja.

Dia memulai debutnya di dunia akting pada tahun 1955 untuk film Oh, Ibuku. Kemudian di tahun yang sama, dia juga mendapatkan peran utama dan harus beradu akting dengan ibunya sendiri di Gambang dari Semarang.

Setelah itu, karirnya mulai melonjak. Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan (Taman Harapan) dan Si Doel Anak Sekolahan (Doel Anak Sekolah).

Selain itu, penampilannya yang mengharukan memenangkan dua Lifetime Achievement Awards (2013) dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia di rumahnya yang berlokasi di kawasan jurang Mangu Barat pada Rabu, 21 Desember 2022.

Sebelum meninggal dunia, dia diketahui mengidap kelumpuhan akibat terjatuh dari kamar mandi dan penyakit glaukoma.