Pemerintah AS Memperketat Pembatasan Terhadap Perusahaan Chip China, SMIC
Presiden AS Joe Biden meningkatkan tekanan terhadap produsen chip terkemuka China (foto: x @potus)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintahan Presiden AS Joe Biden meningkatkan tekanan terhadap produsen chip terkemuka China dengan memutuskan hubungan dengan pabrik paling canggihnya dari impor Amerika setelah memproduksi chip yang canggih untuk ponsel Huawei Mate 60 Pro.

Pada akhir tahun lalu, Departemen Perdagangan AS mengirim puluhan surat kepada pemasok AS ke Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC), yang menangguhkan izin untuk menjual ke pabrik paling canggihnya, kata dua orang yang akrab dengan masalah tersebut yang meminta anonimitas karena tidak diizinkan untuk berbicara secara publik tentang masalah tersebut.

Meskipun banyak perusahaan sudah berhenti menjual Chip ke SMIC Selatan, surat-surat itu menghentikan pengiriman senilai jutaan dolar dari bahan dan suku cadang pembuatan chip dari setidaknya satu pemasok, Entegris.

Entegris mengatakan bahwa mereka melakukan pengiriman sesuai dengan lisensi ekspor yang valid dan menghentikannya setelah menerima surat dari Departemen Perdagangan yang menangguhkan izin untuk mengirimkan produk ke SMIC Selatan.

Perusahaan yang berbasis di Massachusetts, yang memproduksi filter, gas, bahan kimia, dan produk untuk menangani wafer, blok bangunan untuk membuat chip, mengatakan bahwa mereka memantau dan mematuhi "persyaratan regulasi yang berkembang pesat" untuk perdagangan internasional yang memengaruhi industri chip.

SMIC tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar. Huawei, Gedung Putih, dan Departemen Perdagangan menolak untuk berkomentar.

"Ini adalah intimidasi ekonomi yang jelas dan pasti akan berbalik," kata juru bicara kedutaan China di Washington. "Kami mendesak pihak AS untuk menghentikan pemaksaan konsep keamanan nasional dan penyalahgunaan kekuasaan negara untuk menekan perusahaan China.

Penangguhan lisensi oleh Departemen Perdagangan, yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters, menunjukkan bahwa pemerintahan Biden telah mengambil tindakan melawan SMIC di tengah tekanan meningkat dari pembenci China Republik untuk menghentikan aliran teknologi AS ke perusahaan itu dan menurunkan kemampuannya untuk membuat chip canggih.