Donald Trump Mulai Mengubah Pendiriannya tentang Bitcoin, Mengakui Permintaan yang Meningkat
Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah mengubah pendiriannya tentang Bitcoin. (foto; x @RpsAgainst)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah mengubah pendiriannya tentang Bitcoin. Dari semula membuat pernyataan anti-Bitcoin dan menyebutnya sebagai penipuan selama masa jabatannya sebagai presiden, Trump kini mengatakan bahwa BTC adalah sesuatu yang dapat diterima dan mengakui permintaan yang semakin meningkat.

Selama wawancara baru-baru ini di Fox News, Trump ditanya tentang pandangannya tentang meningkatnya mata uang digital China dan apakah cara yang tepat untuk melawannya adalah melalui jaringan mata uang terdesentralisasi, seperti Bitcoin. Trump,  mengatakan bahwa dolar Amerika masih menjadi mata uang utama baginya, tetapi pada saat yang sama, mengakui popularitas dan adopsi Bitcoin yang semakin meningkat.

"Saya menyukai dolar, tetapi banyak orang yang menggunakan Bitcoin, dan sejujurnya, ini telah mengambil alih. Anda mungkin harus melakukan beberapa regulasi, seperti yang Anda ketahui, tetapi banyak orang yang merangkulnya. Dan semakin banyak, saya melihat orang-orang ingin membayar dengan Bitcoin, dan Anda melihat sesuatu yang menarik. Jadi saya bisa menerimanya dengan satu cara atau lainnya," kata Trump.

Perubahan sikap Trump baru-baru ini terhadap Bitcoin berbeda dari pandangan sebelumnya ketika dia menjabat sebagai presiden. Pada saat itu, Trump mengecam Bitcoin, menyebutnya sebagai penipuan, dan kabarnya memerintahkan sekretaris keuangan untuk "mengincar Bitcoin."

Trump saat ini sedang berkampanye sebagai kandidat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2024 yang akan datang, dan beberapa orang dalam komunitas kripto percaya bahwa perubahan sikapnya baru-baru ini terhadap Bitcoin bisa menjadi motivasi politik untuk menarik lebih banyak suara dari industri kripto yang berkembang. Orang lain juga menunjukkan bahwa dia hanya melakukan "persis apa yang terbaik dilakukan Trump," yang tidak sepenuhnya berkomitmen ke satu arah atau yang lain.

Salah satu pengguna X, Blairja, percaya bahwa Trump dengan sengaja menjatuhkan kalimat pro-BTC diikuti oleh kalimat pro-dolar AS untuk mengukur pendapat. Orang-orang membandingkannya dengan mekanisme memancing untuk melihat arah mana yang paling populer di antara pemilih. Selama bertahun-tahun, banyak politisi telah menggunakan cryptocurrency dalam kampanye mereka untuk menarik generasi baru pemilih yang cakap dalam teknologi.

Saat ini, Trump adalah kandidat terdepan untuk nominasi presiden Partai Republik, yang ditempel ketat sesama anggota Partai Republik lainnya, Nikki Haley.