Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Linkaja: Sekarang Makin Mudah Deh!
Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Linkaja (foto: dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Program BPJS ialah program Pemerintah dalam menyelenggarakan jaminan kesehatan serta ketenagakerjaan untuk masyarakat Indonesia, pada dasarnya harus diiringi oleh seluruh WNI.

Keikutsertaan warga atas Jaminan Kesehatan Nasional saat ini sudah mencapai sasaran yang ditetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Tetapi sayangnya, masih banyak masyarakat yang alami kesusahan dalam melaksanakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Menanggapi permasalahan ini, LinkAja menghadirkan solusi di mana masyarakat yang mau membayar iuran BPJS Kesehatan dapat melaksanakannya di aplikasi LinkAja.

Tidak hanya membayar iuran BPJS Kesehatan, masyarakat pula dapat menbayar iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi LinkAja.

“Hadirnya fitur pembayaran iuran BPJS Kesehatan dalam aplikasi LinkAja, jadi langkah lanjut dalam memudahkan kebutuhan esensial masyarakat, fitur pembayaran ini pula dilakukan buat mendorong inklusi keuangan di Indonesia yang merupakan bagian dari upaya kami menyatukan potensi Indonesia lewat sinergi ekosistem BUMN,” ujar Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Linkaja

Untuk bisa melaksanakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat aplikasi LinkAja, masyarakat sudah wajib mempunyai aplikasi di smartphone, ataupun bila belum dapat mengunduh aplikasinya di App Store serta Play Store untuk setelah itu melaksanakan langkah- langkah selaku berikut:

  1. Buat pengguna baru, buka aplikasi serta daftarkan diri dengan mengisi data diri yang dibutuhkan sesuai petunjuk aplikasi LinkAja. Sedangkan buat pengguna lama, langsung masuk ke dalam aplikasi.
  2. Di halaman utama pilih menu BPJS.
  3. Pilih BPJS Kesehatan.
  4. Setelah itu input ID Pelanggan LinkAja serta no peserta BPJS Kesehatan Kalian.
  5. Apabila no yang dimasukkan sudah benar, maka Kalian dapat melihat data nama, no BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, serta jumlah keseluruhan total pembayaran.
  6. Lanjutnya transaksi sampai pembayaran iuran BPJS Kesehatan selesai.

Sebagai informasi, pembayaran BPJS Kesehatan lewat aplikasi LinkAja diklaim bebas dari biaya tambahan.

Tidak hanya itu, lewat aplikasi masyarakat pula bisa mengecek tagihan ataupun iuran BPJS Kesehatan mereka.

Saat ini, LinkAja pula memberikan promo buat tiap pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang berlaku buat para penggunnya.

Cara Cek No Virtual Account BPJS Kesehatan

No Virtual Account merupakan identifikasi unik berbentuk campuran angka yang diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan buat mempermudah proses pembayaran iuran lewat berbagai metode, semacam lewat bank ataupun aplikasi mobile.

Memuat informasi tertentu, termasuk kode bank serta no kepesertaan peserta, sehingga tiap transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan akurat serta efektif.

Untuk peserta yang lupa no virtual account, ada beberapa metode buat mengetahuinya, yakni lewat aplikasi mobile JKNdan beberapa alternatif lain. BPJS Kesehatan ialah salah satu layanan yang menjamin kesehatan untuk peserta yang turut dalam program pemerintah ini. Tiap bulan, peserta BPJS Kesehatan bakal membayar iuran ataupun tagihan.

Melalui Aplikasi JKN Mobile

Pertama, pastikan telah mempunyai aplikasi JKN Mobile di hp masing-masing. Bila belum, download terlebih dahulu. Sehabis itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke Aplikasi JKN Mobile
  • Masuk ke aplikasi memakai No Induk Kependudukan (NIK) ataupun no kartu BPJS.
  • Isi password serta klik “Masuk/Sign In.”
  1. Akses Info Virtual Account
  • Pada halaman utama, pilih menu “Lainnya.”
  • Temukan opsi “Info Virtual Account” serta klik.
  • Layar bakal menunjukkan kode pembayaran peserta yang bisa digunakan di bank seperti BRI, BNI, Mandiri, serta BTN.
  • Dengan menguasai langkah-langkah di atas, partisipan bisa dengan gampang mengecek serta melaksanakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat virtual account.

Mengecek Melalui Media Sosial

Kemajuan teknologi memudahkan komunikasi dengan BPJS lewat media sosial resmi. Langkah-langkahnya selaku berikut:

Hubungi akun resmi BPJS di Instagram, Facebook, ataupun Twitter.

Komunikasi lewat media sosial memungkinkan pertanyaan peserta dijawab tanpa mesti datang langsung ke kantor BPJS.

Selain itu alangkah baiknya kalian juga membaca: “Cara Klaim Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan” agar bisa tahu syarat beserta uang yang bakal didapatkan.