Wikipedia Memperbarui Widget untuk Perangkat Android
Wikipedia merupakan platform ensiklopedia yang hadir dalam bentuk web dan aplikasi. (foto: dok. wikipedia)

Bagikan:

 

JAKARTA – Wikipedia merupakan platform ensiklopedia yang hadir dalam bentuk web dan aplikasi. Versi aplikasi dari Wikipedia menarik untuk digunakan karena ada widget untuk akses cepat. 

Widget ini bisa ditambahkan ke layar utama. Saat ingin digunakan, pengguna hanya perlu mengeklik kotak pencarian dan mengetikkan informasi yang ingin dicari. Sayangnya, widget ini sudah lama tidak diperbarui dan terlihat sangat kuno. 

Namun, pada Rabu, 6 Maret lalu, Wikipedia meluncurkan versi 2.7.50475-r-2024-03-06 dengan widget yang dimodernisasi. Pembaruan khusus untuk perangkat Android ini menawarkan dua tipe widget, yaitu Search Wikipedia dan Wikipedia Featured Page. 

Search Wikipedia kini menempatkan logo di sebelah kiri, kotak pencarian di tengah, dan tombol mencari di sebelah kanan. Widget ini menawarkan konfigurasi 4x1 yang memenuhi layar dan bisa diperkecil sesuai keinginan hingga konfigurasi 1x1. 

Perlu diketahui bahwa konfigurasi terbaik berada di ukuran 4x1 dan 3x1. Jika Anda mengatur widget dengan konfigurasi 2x1, tulisan di dalam kotak pencarian akan sedikit terpotong dan konfigurasi 1x1 hanya memperlihatkan logo yang dipadatkan.

Selanjutnya, widget Wikipedia Featured Page akan menampilkan judul artikel, deskripsi singkat, dan gambar utama dari artikel. Ukuran dari widget ini bisa diperluas, tetapi Wikipedia tidak akan memberikan informasi tambahan dari artikelnya. 

Dua tipe widget ini bisa ditampilkan dengan warna hitam atau putih. Pengguna bebas memilih warna yang mereka inginkan. Jika pembaruan widget ini belum terlihat, pastikan bahwa versi aplikasi yang Anda gunakan merupakan versi terbaru.