MSI Buat Terobosan Baru dengan Luncurkan Seri Laptop Gaming dan Gaming Handheld Claw
Perangkat baru MSI dipamerkan di MSIology (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Micro-Star International (MSI), produsen komputer, meluncur kan enam seri laptop dan perangkat gaming handheld terbaru. Seluruh perangkat ini dipamerkan di acara MSIology pada Jumat, 8 Maret.

Komputer gaming yang mereka luncurkan adalah Cyborg 14 A13V, Cyborg 15 AI, Prestige 13 AI Evo, Stealth 16 AI Studio, Titan 18 HX, dan Vector 16 HX. Sementara itu, gaming handled yang mereka luncurkan adalah MSI Claw A1M.

"MSI adalah satu-satunya merek yang sudah tersedia semua Intel Core Ultra dan Generasi ke-14 di pasaran. Dan tidak hanya laptop tahun ini, kami juga menyediakan Claw untuk Anda. Ini adalah satu-satunya perangkat genggam dengan solusi Intel di pasaran," kata MSI Notebook Marketing and Sales Director Ralph Wang.

Sesuai dengan pernyataan Wang, MSI Product Specialist Digga Febriawan Putra mengungkapkan bahwa Stealth 16 AI Studio dan Cyborg 15 AI menggunakan Core Ultra, prosesor baru buatan Intel. Prosesor ini ditenagai oleh Kecerdasan Buatan (AI).

Intel Core Ultra menggunakan dasar arsitektur Meteor Lake dan memiliki Neural Processing Unit (NPU) bawaannya. GPU-nya juga telah terintegrasi dengan tenaga yang dimaksimalkan sehingga efisien dayanya bisa jauh lebih baik.

Sementara itu, Titan 18 HX menggunakan prosesor seri HX terbaru, Prestige 13 AI Evo menggunakan Intel Evo, dan Vector 16 HX menggunakan Intel Core i9 seri HX. Sementara itu, MSI Claw menggunakan prosesor Intel XeSS.

Hampir semua perangkat ini diluncurkan untuk keperluan gaming karena Wang mengatakan bahwa perangkat ini dibuat untuk generasi milenial yang suka bermain game. Namun, khusus Prestige, komputer ini dirancang untuk keperluan Business and Productivity.

Sebagai satu-satunya gaming handheld dengan prosesor Intel, Claw juga memiliki kelebihan lain seperti penggunaan Thunderbolt 4, desain Macro Key dan Ergo-Gaming, Cooler Boost HyperFlow, dan peningkatan daya sebesar 30 persen menjadi 53Whr.

Putra pun menjelaskan bahwa Claw berbeda dengan handheld gaming lainnya karena sudah memiliki App Player. Pengguna pun tidak perlu menggunakan emulator berbayar karena MSI sudah menghadirkan emulator bawaan.

MSI Claw dibanderol dengan harga Rp11,3 juta hingga Rp12,5 juta. Cyborg 15 dijual dengan harga Rp14,7 juta, Prestige 13 dijual dengan harga Rp20 juta, dan Stealth 16 dijual dengan harga Rp40 juta. Informasi harga perangkat lainnya bisa diakses di seluruh e-commerce.