Jenis-jenis Chatbot yang Ada di Dunia
Jenis-jenis Chatbot (Gambar Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring dengan perkembangan zaman chatbot terus berkembang untuk memudahkan pekerjaan manusia. Kali ini kita bakal membahas jenis-jenis chatbot, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Bayangan para pengguna makin berkembang, serta penerapan strategis dari macam-macam chatbot jadi sangat penting untuk tetap jadi yang pertama di dalam dunia persaingan. Kali ini kita bakalan membahas tentang apa saja jenis-jenis chatbot dan juga fungsinya.

Pengertian Chatbot

Sebutan chatbot merupakan suatu layanan percakapan robot/tokoh virtual dengan AI (artificial intelligence) yang menirukan obrolan manusia lewat pesan suara, percakapan teks maupun keduanya. Secara singat chatbot ini ialah obrolan virtual dimana satu pihak merupakan suatu robot chat yang bertujuan buat fasilitas hiburan. Fitur chatbot ini sudah digunakan di berbagai industri buat menyampaikan informasi.

Tidak hanya itu chatbot pula bisa melaksanakan tugas, semacam pemberitahu cuaca terbaru (weather bot), setelah itu menolong memilih serta memasan bahan makanan (grocery bot), menolong melaksanakan reservasi penerbangan, menolong memberikan solusi atas sesuatu (life advice bot) serta bot selaku sahabat buat bercakap. Chatbot memakai bermacam teknologi yang canggih di dalamnya, seperti artificial intelligence (AI), machine learning, deep learning, serta natural lenguage processing (NLP).

Machine learning bisa di aplikasikan selaku mesin yang mempelajari, menganalisa serta memahami beragam bahasa pada chatbot, sedangkan natural lenguage processing (NLP) mempunyai keahlian buat mengerti serta menguasai bahasa manusia kemudian memberikan reaksi yang sesuai dengan bahasa yang digunakan pengguna chatbot.

Jenis-jenis Chatbot

1. Chatbot Berbasis Linguistik

Chatbot ini bisa memberikan kendali yang dirancang dengan baik serta mempunyai tingkat fleksibilitas yang taka da di AI chatbot. Jenis ini bisa memikirkan dan mengolah jawaban yang relevan untuk sebuah pertanyaan serta merancang pengujian otomatis untuk memeriksa kualitas dan juga konsisten system. Jenis ini memakai cara-cara penyesuaian pola.

2. Machine Learning

Jenis ini memakai dukungan teknologi software artificial intelligence alias AI. Jenis bot ini Nampak kompleks karena komunikatif, berdasarkan data dan juga prediktif. Jenis teknologi yang digunakan pada bot ini biasanya lebih canggih dan mudah dipersonalisasikan dibandingkan dengan bot yang berbasis linguistic.

Teknologi yang dikenakan dalam bot jenis ini merupakan natural language understanding (NLU) supaya bisa disesuaikan dengan penggunanya. Cara yang digunakan di dalam bot ini ialah contectual, salah satu contoh jenisnya yaitu chatbot whatsapp.

3. Model Hybrid

Jenis chatbot ini dirancang dengan menggabungkan kedua teknologi linguistic dan AI. Jadinya chatbot ini bisa memberi solusi percakapan yang lebih rinci. Sistem bot hybrid ini bahkan mampu dibentuk tanpa memakai data sehingga akan bisa meningkatkan kekuatan perusahaan, yaitu lebih flexible dan cepat.

4. Model Voice Command

Modelan bot jenis ini bisa membuat penggunanya untuk melakukan percakapan menggunakan perintah suara. Hal ini terasa lebih peraktis untuk pengguna untuk mengaplikasikannya. Bot ini bisa menangkap dan merespon pembicaraan dengan suara.

Bicara soal ragam jenis chatbot tentunya kalian juga perlu membaca: “Baidu Akan Terapkan Chatbot Ernie Bot untuk Tingkatkan Pengalaman Pengguna dalam Pencarian Online”.

Jadi setelah mengetahui jenis-jenis chatbot, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!