Samsung Meninjau Galaxy AI di Seri Galaxy S22
Samsung meninjau Galaxy AI di seri Galaxy S22 (foto: dok. Samsung)

Bagikan:

 

JAKARTA – Galaxy AI merupakan terobosan baru yang hanya tersedia di beberapa perangkat Samsung Galaxy. Kabarnya, fitur on-device berbasis Artificial Intelligence (AI) ini bisa dihadirkan di seri Galaxy S22.

Ini merupakan kabar yang baik bagi pengguna seri Galaxy S22. Samsung sempat mengatakan bahwa Galaxy AI hanya akan tersedia di seri Galaxy S23, Z Fold 5, Z Flip 5, dan Tab S9. Namun, kini seri Galaxy S22 memiliki potensi.

Roh Tae-moon, Presiden Divisi Mobile Experience Business Samsung Electronics, mengatakan kepada Newsis bahwa perusahaannya sedang meninjau fitur Galaxy AI ke model yang lebih lama, yaitu Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra.

Peninjauan ini dilakukan karena seri Galaxy S22 menggunakan chipset dan spesifikasi inti yang sama dengan Galaxy S23 FE. Dengan kesamaan ini, tidak ada alasan bagi Samsung untuk melewatkan perangkat yang meluncur lebih lama.

Namun, penambahan Galaxy AI ke seri Galaxy S22 ini masih belum pasti. Tae-moon mengatakan bahwa penambahan Galaxy AI memerlukan perangkat keras yang sesuai. Jika ada keterbatasan di dalamnya, Galaxy AI akan sulit beroperasi.

"Galaxy AI menargetkan 'AI hibrid' yang menggabungkan tidak hanya AI berbasis cloud, tetapi juga teknologi AI pada perangkat yang sangat dipengaruhi oleh kinerja perangkat keras," kata Tae-moon.

Maka dari itu, peninjauan masih diperlukan secara bertahap. Tae-moon pun menjelaskan bahwa perusahaannya akan melakukan banyak peninjauan untuk mengupayakan fitur Galaxy AI ke model yang lebih lama.

"Kami secara bertahap mempersiapkan rencana untuk mendukung pengalaman Galaxy AI sepenuhnya. S23 dan produk Fold and Flip yang dirilis tahun lalu akan ditingkatkan dengan AI, dan kami sedang melakukan banyak peninjauan terhadap model sebelumnya."