Indosat, BPPTIK Kominfo dan Cisco Gelar Program Pelatihan Digital
Gelaran program pelatihan bidang TIK antara Indosat, BPPTIK Kominfo, dan Cisco (foto: IOH)

Bagikan:

JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison, BPPTIK Kominfo (Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), dan Cisco,  berkolaborasi menggelar program pelatihan bidang TIK. 

Program ini merupakan bagian dari Digital Transformation Centers (DTC) Initiatives Framework bersama dengan program Generasi Terkoneksi (GenSi), yang merupakan pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat yang tinggal di daerah terluar Indonesia. 

Pelatihan ini dirancang untuk generasi muda dan perempuan, yang bertujuan untuk menutup kesenjangan digital di Tanah Air, sehingga meningkatkan produktivitas dan kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Dilaksanakan di Minahasa Utara dari 19-21 Maret 2024, program pelatihan ini berhasil menarik partisipasi sebanyak 550 peserta secara langsung. 

“GenSi adalah bentuk konkret komitmen kami dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Kami percaya kemutakhiran teknologi akan dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal apabila didukung oleh sumber daya manusia yang berdaya,” kata Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison. 

Melalui program ini, Indosat bersama BPPTIK Kominfo dan Cisco terus berupaya untuk menutup kesenjangan digital di Indonesia. Sehingga bisa mengoptimalkan potensi lokal yang ada, dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

“Kami berharap program ini dapat menjadi pendorong utama dalam memberdayakan komunitas lokal untuk aktif berkontribusi dalam era digital yang terus berkembang,” tutur Hary Budiarto, Kepala BPSDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Dalam kolaborasi ini, BPPTIK Kominfo bertindak sebagai sponsor dan fasilitator, kemudian Indosat mengalokasikan kartu perdana baru dengan akses internet gratis untuk mendukung proses pembelajaran, dan Cisco menjadi penyedia pelatihan dan kurikulumnya melalui Cisco Networking Academy. 

Cisco menyediakan modul pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan program GenSi, seperti pengenalan kepada keamanan siber, pengetahuan dasar internet, serta IoT dan transformasi digital bagi wirausahawan untuk mendukung para peserta program GenSi dalam menjalankan kewirausahaan digital.