Penggemar Dogecoin Berkabung, Kreator DOGE Meninggal Dunia
Pengembang inti Dogecoin meninggal dunia akibat kanker (News Crypto)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang inti Dogecoin (DOGE) yang bernama Sporklin dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu 24 April. Ia meninggal setelah berjuang keras melawan penyakit kanker yang dideritanya.

Kabar duka itu disampaikan oleh salah satu pendiri DOGE, Billy Markus. Sporklin wafat beberapa hari setelah “Doge Day” diperingati oleh para fans Dogecoin di seluruh dunia pada 20 April lalu.

“Dia (Sporklin) mengabdikan tujuh tahun terakhir hidupnya untuk Dogecoin dengan segala upaya,” tulis Markus lewat akun Twitter pribadinya @BillyM2K, Selasa, 27 April

“Dia akan sangat dirindukan. RIP,” tambah Markus.

Dogecoin merupakan salah satu uang kripto yang tengah naik daun saat ini. Dogecoin menggunakan simbol anjing Shiba Inu yang kerap dijadikan meme dalam kurun 2013 lalu. DOGE juga dibuat hanya untuk parodi terhadap uang kripto lainnya. Dogecoin diciptakan oleh dua programmer bernam Billy Markus dan Jackson Palmer.

Melansir Benzinga, Sporklin merupakan salah satu orang yang paling lama dan pemegang jajaran pengembangan uang kripto bertema Shiba Inu itu. Pada Februari lalu, dia sempat meninggalkan proyek Dogecoin karena tidak sepakat dengan tujuan proyek tersebut dan juga karena kesehatan pribadi. 

Pada bulan Maret lalu, Sporklin sempat memposting sebuah catatan di grup Reddit r/dogecoindev. Dia mengatakan bahwa dirinya tidak lagi punya hubungan apapun dengan proyek Dogecoin maupun dengan Pengembang Inti Dogecoin dan bahwa sudah waktunya untuk “mundur”.

Karena tujuan, motivasi, dan keinginan tim inti Dogecoin sudah berubah, Sporklin merasa sudah tidak sejalan lagi lantaran cita-cita tim sudah berganti haluan. Selain itu, Sporklin juga menekankan bahwa dirinya lebih memprioritaskan kesehatannya.

Melansir Cryptopotato Selasa 27 April, selama 7 tahun Sporklin mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan infrastruktur Dogecoin. Meskipun bagi kebanyakan orang, cryptocurrency tak ubahnya sebuah lelucon.

Namun bagi Sporklin, Dogecoin mempunyai kesempatan besar untuk menjadi penghasil nilai yang potensial. Dia juga menambahkan bahwa Dogecoin akan menyelesaikan masalah (keuangan) di dunia nyata.

Bagi Sporklin, Dogecoin bukan sebuah lelucon maupun permainan. Dalam berbagai kesempatan, dia memaparkan dengan tegas pentingnya uang kripto tersebut.

Postingan terakhirnya di Reddit menjelaskan bahwa Dogecoin lebih dari sekadar lelucon yang dimainkan Elon Musk. Dia juga mengingatkan peran bos Tesla itu seperti selebritis dan tidak punya pengaruh signifikan terhadap proyek Dogecoin.

“Elon tidak ada hubungannya dengan Dogecoin, telah diperjelas berulang kali... Elon telah bermain-main dengan Dogecoin selama bertahun-tahun di media sosial,” tulis Sporklin.

Sporklin mengungkapkan bahwa Elon Musk kini telah berubah karena penggemar Dogecoin. Meskipun demikian, dia masih tidak setuju dengan orang-orang berpengaruh yang mempermainkan DOGE di media sosialnya.

“Baru belakangan ini orang-orang mencoba mengubahnya menjadi sesuatu yang lain... Hal-hal tidak berubah... Elon tidak setuju dengan apa pun, Elon tidak ada hubungannya dengan proyek, daftar, perjanjian... tidak ada. Dia meme dan troll,” tulisnya dalam postingan Reddit.  

Sporklin cukup tegas menyikapi orang-orang yang menganggap Doge sebagai lelucon belaka. Sporklin merupakan pendukung setia desentralisasi Dogecoin. Dalam sejumlah kesempatan, dia memaparkan bahwa DOGE telah berevolusi dengan cepat justru karena tidak ada pihak yang mengaturnya sebagaimana uang fiat dan bank sentral.