Bagaimana Syarat dan Ketentuan Ponsel Agar Bisa Rasakan Sinyal 5G?
Koneksi internet 5G (BBC)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Akhirnya, Telkomsel menjadi provider internet pertama yang menyediakan koneksi 5G di Indonesia. Teknologi jaringan internet terbaru ini resmi diluncurkan kemarin, Kamis, 27 Mei.

Dalam kesempatan tersebut, Telkomsel juga turut memperkenalkan Paket Data 5G Early Bird. Jenis paket data 5G ini hanya bisa didapat pelanggan melalui sistem undangan.

Direktur Marketing Telkomsel, Rachel Goh, menyampaikan bahwa pelanggan yang mendapatkan undangan sudah bisa langsung membeli paket data tersebut. Goh turut menjelaskan bahwa harga paket data Early Bird 5G dibanderol Rp 26.000 dan berisi kuota sebesar 126GB.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan paket data 5G Telkomsel. Selain itu, apakah pengguna juga perlu melakukan pembaruan kartu agar ponselnya terhubung jaringan internet 5G Telkomsel?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tim VOI sudah merangkumkan berbagai informasi yang perlu Anda ketahui mengenai teknologi jaringan terbaru ini.

Daerah yang Dapatkan Akses 5G Telkomsel

Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggelar koneksi 5G di sembilan kota besar untuk tahap awal. Lebih lanjut, kesembilan kota tersebut nantinya akan dibagi ke dalam 26 klaster, di mana pemilihannya mengutamakan pusat keramaian dan pemukiman.

“Saat ini, 5G baru tersedia secara terbatasi di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara,” terang Nugroho.

Mengutip situs resmi Telkomsel, untuk wilayah Jakarta Selatan, wilayah yang kedapatan jatah koneksi ini antara lain Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra dan Komplek Widya Chandra, Pondok Indah Town House, serta Perumahan Pondok Indah.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Utara, jangkauan wilayahnya mencakup Komplek Golf Coast dan Komplek Johar di Pantai Indah Kapuk, Bukit Gold Mediterania, serta Gading Harmony dan Gading Pandawa yang berada di wilayah Kelapa Gading.

Untuk wilayah luar Jakarta, Telkomsel menyediakan jaringan 5G di beberapa lokasi. Antara lain Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Solo, Denpasar, Batam, serta Balikpapan.

Syarat Terhubung Koneksi Internet 5G

Tak seperti saat perubahan koneksi internet dari 3G ke 4G, pengguna tidak perlu lagi melakukan upgrade atau pembaruan kartu. Seluruh pengguna kartu jenis 4G atau USIM, sudah bisa terhubung secara otomatis dengan koneksi 5G.

Yang perlu dilakukan pengguna hanyalah tinggal atau berada di wilayah yang sudah mendapatkan koneksi 5G. Di samping itu, ponsel yang dipakai juga harus sudah mendukung jaringan internet anyar ini.

Namun, tak sembarang HP dengan koneksi 5G yang bisa terhubung. Anda masih perlu melakukan unlock agar bisa terhubung dengan frekuensi 5G di Indonesia. Proses unlock bisa dilakukan dengan memperbarui perangkat lunak via OTA. Atau, Anda bisa menghubungi pusat layanan Telkomsel untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Daftar Ponsel yang Bisa Terhubung Sinyal 5G Telkomsel

Patut Anda ketahui, tidak semua ponsel 5G yang sudah diluncurkan bisa terhubung dengan jaringan Telkomsel. Pasalnya, ponsel harus mendukung pita frekuensi 2.300 MHz (band n40).

Seperti diketahui, pada koneksi 5G, Telkomsel mengandalkan band n40 pada frekuensi 2,3 GHz. Sedangkan di Indonesia, sudah ada beberapa smartphone 5G yang siap terhubung dengan koneksi ini. Antara lain:

Oppo A74 5G, Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Oppo Reno5, Vivo V21 5G, Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G, Samsung Galaxy A32 5G, Samsung Galaxy S21 5G, Samsung Galaxy S21 Plus 5G, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. 

Tak terkecuali Huawei Mate 40 Pro dan lini Apple seperti iPhone 12 series. Selain ponsel di atas, sejumlah OEM lain masih belum mengkonfirmasi terkait dukungan perangkatnya terhadap koneksi 5G Telkomsel.

Pasalnya sebagian besar ponsel yang saat ini dirilis di Indonesia, fitur 5G di perangkat tersebut dikunci karena mengikuti regulasi dan belum tersedia jaringan. Para OEM akan mengirimkan update untuk membuka fitur tersebut dalam waktu dekat.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Syarat dan Ketentuan Ponsel Kamu Bisa Mencicipi Jaringan 5G Telkomsel, saatnya merevolusi pemberitaan!