YouTube Resmi Gandeng PewDiePie untuk Tampil Eksklusif di Kanalnya
Tangkapan Layar YouTuber Felix Kjellberg (YouTube @PewDiePie)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube secara resmi menggandeng Felix Kjellberg atau yang lebih dikenal sebagai PewDiePie, untuk tampil secara eksklusif di platformnya. Nantinya PewDiePie akan menayangkan siaran langsung (live streaming) pada kanal YouTube Gaming.

Kerja sama ini diumumkan pihak YouTube Gaming melalui akun Twitter resminya. Pasalnya, sejak tahun lalu, PewDiePie hanya menggelar ajang live streaming secara eksklusif di platform DLive, sebuah situs kecil yang berbasis blockchain.

"Live streaming adalah hal yang ingin saya fokuskan dalam 2020 dan ke depannya, dan bisa berpartner dengan YouTube serta menjadi wajah untuk fitur baru di produk tersebut adalah hal spesial dan menarik di masa yang akan datang," ujar Felix dalam keterangan resminya sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa 5 Mei.

Dengan adanya kerja sama ini, YouTube berhasil menambah jajaran konten kreator gaming untuk tampil secara eksklusif di platformnya. Di mana sebelumnya, YouTube sudah menggandeng sejumlah streamer, seperti CouRage, Typical Gamer, dan Valkyrae untuk tampil di YouTube Gaming. 

Sebenarnya, kontrak eksklusif YouTube dengan PewDiePie ini tak terlalu mengejutkan. Lantaran banyak platform seperti Mixer, Twitch, dan Facebook Gaming yang juga 'merekrut' streamer populer untuk tampil eksklusif di situsnya.

Meski begitu, belum diketahui berapa besar nilai kontrak yang disepakati PewDiePie untuk tampil eksklusif di YouTube Gaming. Sebab pada akhir tahun 2019 lalu, PewDiePie juga sempat menyatakan akan rehat dari YouTube.

"YouTube telah menjadi rumah saya selama lebih dari satu dekade dan sekarang live streaming, sangat cocok karena saya terus mencari cara baru untuk membuat konten dan berinteraksi dengan penggemar di seluruh dunia," sambung Kejellberg.

Sejatinya, kanal PewDiePie telah memiliki 104 juta orang subscriber di YouTube. Di mana setiap kali, ia mengunggah konten video permainannya ditonton lebih dari 25 miliar viewers. 

Pada Agustus 2019, PewDiePie juga menjadi satu-satunya konten kreator individu pertama yang mencapai 100 juta subscriber. Berkat pencapaiannya itu, YouTube menganugerahkan Red Diamond Creator Award, sebuah plakat penghargaan tertinggi yang berhasil dicapai konten kreator.