Siap Bersaing! Realme Boyong Smartphone 5G ke Indonesia
Tangkapan layar Realme 5G Summit (YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Jaringan 5G telah hadir di Indonesia, tidak hanya operator seluler yang berebut untuk segera meluncurkannya, tetapi vendor smartphone pun turut ikut serta menghadirkan perangkat 5G, salah satunya Realme.

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi mengungkapkan akan segera menghadirkan Realme 8 5G di Indonesia dalam waktu dekat ini. Palson meyakinkan, bahwa ponsel itu nantinya bakal dibanderol dengan harga murah dan menjadi ponsel 5G termurah di Indonesia.

"Realme sepenuhnya siap menjadi vendor yang mempopulerkan 5G. Perangkat kami yang akan segera dirilis ialah Realme 8 5G," ungkap Palson dalam acara daring Realme 5G Summit.

Seri Realme 5G itu dikatakan Palson akan menambah varian baru dari seri Realme 8 yang telah diluncurkan pada awal April 2021 yakni Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Namun, Palson tidak menyebutkan lebih spesifik maksud dari harga "murah" yang ia ungkapkan selama acara, "Harga pasaran ponsel 5G masih di atas Rp5 juta, dan sejauh ini yang paling murah mungkin masih di atas Rp3,5 juta. Kalau kami ingin menjadi ponsel 5G termurah."

Lebih lanjut, seri Realme 8 5G ini nantinya akan ditenagai chipset MediaTek Dimensity 700 yang diklaim memiliki performa tercepat di kelasnya. Dimensity 700 didukung dengan inti CPU Arm Cortex-A76 dan GPU Arm Mali-G57 yang memiliki clock hingga 950MHz.

Chipset ini dibuat menggunakan proses 7nm canggih yang menjadikannya 28 persen lebih hemat daya daripada proses 8nm. Ini menunjukkan Dimensity 700 dapat memberikan performa tinggi, tetapi hemat daya, sehingga memperpanjang masa pakai smartphone.

Diklaim, model 5G pada System on Chip (SoC) yang ditawarkan dapat menghasilkan kecepatan internet hingga 2,77 Gbps. Menariknya, chipset tersebut juga mendukung refresh rate 90 Hz, dibekali sensor kamera utama 48 MP atau 64 MP, serta mode pemotretan yang berjalan dengan AI seperti bokeh, color, dan beauty.