Rimac dan Bugatti Bersatu, Model Baru Hypercar Listrik Segera Keluar
Bugatti Chiron, salah satu model yang akan dibangun bersama-sama oleh Bugatti Rimac. (foto: dok. Bugatti)

Bagikan:

JAKARTA - Rimac dan Bugatti baru-baru ini menggabungkan kekuatan mereka untuk membentuk perusahaan baru bernama, Bugatti Rimac. Mate Rimac, pendiri perusahaan mobil listrik asal Kroasia,  menyatakan kedua perusahaan telah sepakat untuk "mengumpulkan pengetahuan, teknologi, dan aset dengan tujuan menciptakan proyek yang sangat istimewa di masa depan.

Singkatnya, Bugatti dan Rimac akan terus berlanjut sebagai merek terpisah, mempertahankan pabrik dan jaringan distribusi yang ada. Ke depan tidak ada hypercar berlencana Bugatti-Rimac. Perusahaan Bugatti Rimac baru ini akan ditugaskan untuk mengembangkan kendaraan masa depan berlencana Bugatti dan Rimac dengan hanya menggabungkan sumber daya dan keahlian.

Usaha patungan ini akan mempekerjakan 430 orang secara langsung. Kerja sama itu akan dimulai pada akhir tahun 2021. Terdapat  300 orang di kantor pusat Bugatti Rimac yang baru di Zagreb dan 130 orang di markas Bugatti di Molsheim, Prancis.

Sekarang dan selanjutnya, Bugattis tetap akan dibangun di Molsheim. Pabrik mobil asal Prancis itu saham terbesarnya dikuasai atau dimiliki oleh Piech Porsche, cucu dari Ferdinand Porsche,  pendiri pabrik mobil Porsche asal Jerman. Porsche sendiri memiliki andil besar dalam penggabungan dua perusahaan ini. 

Kini baik Rimac maupun Bugatti akan terus memproduksi Nevara dari Rimac dan Chiron dari Bugatti sendiri untuk masa mendatang. Begitu pula sebaliknya. 

 “Kami tidak akan hanya memasang lencana Bugatti pada Nevera, dan kami tidak hanya akan menambahkan teknologi hybrid ke Chiron. Kami sedang mengembangkan sesuatu yang baru untuk Bugatti,” ujar Rimac. 

Lebih khusus lagi, Mate Rimac telah mengkonfirmasi bahwa mesin pembakaran Rimac akan hidup dalam model Bugatti yang serba baru yang akan muncul sebelum akhir dekade ini. 

“Sejarah baru bagi  Bugatti, berarti kami bisa membuat lebih dari sekedar hypercar. Ada peluang di sini untuk membuat beberapa mobil yang sangat menarik,” jelas Rimac sambil tersenyum lebar. 

Dalam kerja sama itu Mate Rimac akan menjadi CEO baru Bugatti-Rimac. Rimac Group akan memiliki 55 persen dari perusahaan baru dan Porsche 45 persen sisanya. Sementara Porsche sendiri juga memiliki 24 persen dari Rimac Group, perusahaan yang pertama kali berinvestasi di spesialis mobil listrik pada tahun 2018. 

Untuk saat ini, Porsche dan Rimac mengatakan bahwa Bugatti-Rimac akan terus berlanjut. Produksi Bugatti Chiron, hypercar bertenaga V16 bensin, dan Rimac Nevera, hypercar listrik juga dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas.

CEO Porsche Oliver Blume dan CEO Rimac Mate Rimac menilai ini adalah kesepakatan terbaik. 

"Anda tahu hal termudah, apa yang mungkin beberapa orang harapkan mungkin terjadi, adalah mengambil Nevara dan membanting Bugatti di atasnya dan menyebutnya Bugatti, tapi itu sama sekali tidak akan terjadi," kata Rimac. 

“Kami tidak akan hanya mendaur ulang apa yang kami miliki, kami tidak akan menyukai hanya menata ulang Chiron untuk membuat mobil baru, atau hanya menghibridisasi Chiron. Kami sedang mengembangkan produk baru yang lengkap dari bawah ke atas, semuanya. Karena kami pikir itulah yang terbaik. cara untuk pergi, dan produk itu akan tetap memiliki mesin pembakaran," kata Rimac.