Gunakan OTA, Perbaikan Fitur Mobil Tak Perlu Datang ke Bengkel
Tesla menggunakan teknologi OTA untuk mengup-date dan memperbaiki beberapa kesalahan fungsi dalam profduknya. (foto: Bram Van Oost/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Penarikan mobil membuat ketidaknyamanan sebagian besar pemilik mobil. Namun kini hal itu berubah. Dari Tesla hingga General Motors (GM), kini lebih banyak pabrik mobil yang menggunakan pembaruan over-the-air (OTA) bergaya smartphone untuk menggantikan perangkat lunak yang salah yang menyebabkan penarikan dari pabrik.

Penarikan kembali produk otomotif telah berjalan pada atau mendekati tingkat rekor dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, sekitar 31 juta kendaraan ditarik karena masalah terkait keselamatan di AS. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA/ Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional) jumlah ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2010.

Data pemerintah menunjukkan bahwa sebagian besar penarikan melibatkan gangguan dalam perangkat lunak yang mengendalikan rangkaian sistem komputer onboard yang telah berkembang pesat. Dalam banyak kasus, kini menjadi mungkin untuk memperbaiki masalah ini dari jarak jauh.

Semua kendaraan Tesla dilengkapi dengan kemampuan untuk mengunduh perangkat lunak untuk memperbarui sistem kontrol digital, dan sebagian besar startup EV, seperti Rivian dan Lucid, berencana untuk membangun kemampuan over-the-air, atau OTA, ke dalam produk mereka juga. 

Ford akan memiliki 1 juta kendaraan di jalan dengan fungsi OTA pada akhir tahun. Menurut sumber Ford, jumlah tersebut dapat tumbuh menjadi 33 juta pada tahun 2028. Pabrikan lain, termasuk GM, Mercedes-Benz dan Volkswagen, juga membuat langkah agresif yang sama.

“Teknologi, yang pertama kali menjadi hal biasa di smartphone ini, akan menjadi cukup universal selama lima tahun ke depan," kata Sam Abuelsamid, analis otomotif utama Guidehouse Insights. 

Pekan lalu, Tesla mengumumkan bahwa mereka akan menarik hampir 300.000 sedan Model 3 dan SUV Model Y yang dijual di China karena kesalahan dalam sistem bantuan pengemudi mereka yang dapat menyebabkan lonjakan akselerasi yang tidak diinginkan. 

Sementara itu, GM menarik sejumlah sedan dan SUV 2021 yang sama yang dijual oleh merek Buick, Cadillac, Chevrolet, dan GMC di AS karena lampu peringatan mereka mungkin tidak dipicu oleh kegagalan airbag.

Tesla secara rutin menggunakan pembaruan over-the-air untuk mengubah teknologi onboard, dan berencana untuk mengunduh perangkat lunak baru dari jarak jauh untuk memperbaiki masalah terbaru. GM akan mengambil pendekatan serupa, mengganti perangkat lunak yang rusak dari jarak jauh, meskipun juga mengatakan "pemilik mungkin menjadwalkan pembaruan harus dilakukan di dealer GM."

Pendekatan ini menjadi semakin umum. Pada bulan Februari, Mercedes mengatakan pemilik 1,3 juta kendaraan dapat menghindari kunjungan dealer untuk memperbaiki masalah terkait perangkat lunak jika mereka berlangganan layanan Mercedes Me.

Teknologi OTA tidak akan menghilangkan kebutuhan untuk membawa mobil untuk diperbaiki. Banyak penarikan masih melibatkan sistem mekanis yang rusak, seperti rem yang buruk, saluran bahan bakar yang bocor, atau airbag yang salah saat digunakan. Tetapi pembuat mobil dan analis industri setuju bahwa bagian penarikan yang cukup besar dapat ditangani dari jarak jauh di kendaraan yang dapat menerima unduhan perangkat lunak jarak jauh.

"Ada penghematan biaya yang sangat besar terkait dengan menggunakan pembaruan over-the-air versus membawa kendaraan kembali ke dealer," kata Abuelsamid

Teknologi OTA ini juga dapat digunakan untuk mengirim fitur baru ke kendaraan, seperti halnya produsen ponsel pintar yang menyediakan aplikasi dan fungsi baru atau mengup-date.