Siap-Siap Makin Meledak,  Clubhouse Kini Tersedia  di iOS dan Android
Clubhouse, aplikasi obrolan suara yang diprediksi bakal segera meledak penggunanya. (foto: clubhouse tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA – Aplikasi pesan suara Clubhouse kini terbuka untuk semua orang di iOS dan Android. Clubhouse merupakan aplikasi obrolan suara yang didirikan oleh Paul Davison dan Rohan Seth. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan software Alpha Exploration Co dan dirilis pada Maret 2020 lalu.

Awalnya, aplikasi hanya audio telah menjadi platform khusus dengan undangan sejak diluncurkan dalam versi beta tahun lalu.  Awalnya, itu hanya tersedia di iOS, tetapi pengujian beta di Android dimulai pada Mei tahun ini.  

Sekarang, pengembang Alpha Exploration telah mengumumkan bahwa Clubhouse keluar dari versi beta dan tidak memerlukan undangan untuk bergabung. Perusahaan telah mendapat logo dan situs web baru juga.

Clubhouse mulai mendapatkan momentum dan banyak pengguna bergabung di bulan-bulan berikutnya ke titik di mana selebritas juga terlibat. 

Awal tahun ini, miliarder CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk muncul di aplikasi itu yang membuatnya makin meledak. Platform lain seperti Instagram, Twitter, Reddit, dan Telegram, yang lain mulai mengerjakan versi mereka sendiri dari platform audio sosial seperti Clubhouse. Sekarang, Clubhouse telah meninggalkan versi beta dan membuka gerbangnya untuk semua orang yang ingin bergabung lewat Android dan iOS.

Sistem daftar tunggu juga telah dihapus sehingga mereka yang memiliki klub dapat memposting tautan mereka ke semua orang. Demikian pula, pembuat konten dapat membawa pemirsanya untuk bergabung dengan Clubhouse. 

Rilis baru untuk aplikasi ini keluar untuk Android dan iOS dan pengembang mengatakan mereka akan merilis pembaruan baru setiap 1 hingga 2 minggu. Perusahaan juga telah membuat logo dan situs web baru.

Tim juga membagikan beberapa statistik untuk Clubhouse yang menyatakan bahwa jumlah kamar harian kini telah berkembang dari 50.000 menjadi setengah juta. Sejak versi beta diluncurkan untuk Android, 10 juta pengguna telah bergabung dengan komunitas, dan 90 juta pesan langsung telah dikirim sejak Backchannel, fitur pesan langsung,  ditambahkan ke Clubhouse pekan lalu.

Baru-baru ini, Clubhouse bermitra dengan TED untuk menghadirkan TED Talks ke dalam aplikasi. Pertunjukan pertama berjudul “Thank Your A** Off'”, dan dibawakan oleh A. J. Jacobs, seorang penulis dan pembicara TED.