Inovasi Alibaba Mengubah Olimpiade Tokyo ke Era Digital, Apa Saja Perubahannya?
Beberapa inovasi digital Alibaba mendapatkan pujian dari Presiden IOC, Thomas Bach. (foto: ioc/gregmartin),

Bagikan:

JAKARTA – Sebagai salah satu partner resmi, Alibaba memperkenalkan beberapa inovasi untuk Olimpiade Tokyo 2020, lewat transformasi teknologi digital.  Sebagai mitra “Layanan Cloud”, Alibaba menyediakan teknologi terbaik di kelasnya untuk meningkatkan pengalaman bagi penyelenggara acara, penggemar, atlet, dan penyiar. Sementara sebagai Mitra “Layanan Platform E-Commerce”, Alibaba juga membantu IOC terlibat dan terhubung dengan penggemar yang mencari merchandise resmi bermerek Olimpiade.

“Kemitraan Alibaba dengan IOC melampaui sponsor tradisional,” kata Chief Marketing Officer Alibaba Group, Chris Tung, seperti dikutip oleh laman Olympics.com. 

“Kami telah mengerjakan berbagai inisiatif berbasis cloud dan e-commerce sebagai bagian dari komitmen kami untuk mengubah Game ke era digital. Dalam lebih dari empat tahun, kami telah membuat awal yang kuat,” tambahnya.

Infrastruktur dan layanan cloud Alibaba akan memainkan peran penting selama Tokyo 2020. Terutama, perusahaan telah berkolaborasi dengan Olympic Broadcasting Services (OBS) dalam pengembangan OBS Cloud. 

Platform penyiaran inovatif ini, yang beroperasi sepenuhnya di cloud, memungkinkan Penyiar Pemegang Hak untuk menjalankan sebagian besar peran mereka dari jarak jauh. Dengan lebih sedikit staf dan peralatan yang dibutuhkan di tempat, penyiar dapat secara dramatis mengurangi biaya dan secara efisien mengambil, membuat dan mendistribusikan liputan Olimpiade secara real time. Akibatnya, Pusat Siaran Internasional (IBC) di Tokyo diharapkan menjadi 30 persen lebih kecil daripada di Rio 2016, dengan 27 persen lebih sedikit penyiar yang hadir.

“Dengan memanfaatkan teknologi terbaik di kelasnya Alibaba Cloud, OBS Cloud akan membantu mengubah pengalaman media dengan memperkenalkan cara yang lebih kuat dan efisien bagi Rights-Holding Broadcasters untuk membuat dan mendistribusikan konten di seputar Game – dengan lebih sedikit staf dan peralatan yang dibutuhkan di lokasi. ,” jelas Tung.

“Saya ingin berterima kasih kepada Alibaba atas kontribusi besar mereka terhadap keajaiban Olimpiade,” kata Presiden IOC Thomas Bach, menghadiri pembukaan pameran Alibaba. “Sejak awal kemitraan kami pada tahun 2017, Olimpiade dan IOC telah sangat diuntungkan dari semua inovasi yang disediakan oleh Alibaba di banyak bidang. Dari sistem cloud hingga e-commerce, hingga teknologi 3DAT, Alibaba telah memberi IOC, penggemar Olimpiade di seluruh dunia, dan para atlet peluang baru untuk merasakan Olimpiade dan kompetisi.”

Selain itu, profesional media yang bekerja di IBC dan Main Press Center (MPC) juga dapat membuat koneksi media sosial dengan penyiar dan media yang berpikiran sama menggunakan Cloud Pin pertama Alibaba. Perangkat digital yang dapat dikenakan (yang dapat dikenakan sebagai lencana atau dilampirkan pada lanyard) dirancang untuk memungkinkan para profesional media terlibat satu sama lain dan bertukar informasi kontak media sosial dengan cara yang aman dan interaktif selama Olimpiade mendatang.

Konferensi Pers di Cloud adalah layanan media untuk jurnalis yang bekerja dari seluruh dunia yang ingin menonton dan mengunduh video konferensi pers selama Olimpiade dari jarak jauh. Layanan ini mencakup pemrosesan video, pengeditan audio/video dan distribusi streaming langsung/VOD, dan fungsi pengunduhan video.