Android 12 Beta 5 Dirilis, Intip Perubahan Terakhir Sebelum Peluncuran Resmi
, Google akan merilis resmi versi Android 12. (foto: google)

Bagikan:

JAKARTA - Minggu ini pengguna Android memiliki satu kesempatan terakhir untuk mencoba Android 12 sebelum debut resminya. Google telah merilis beta kelima dan terakhir untuk ponsel Pixel dan beberapa perangkat pihak ketiga.

Beta 5 adalah rilis yang dibuat dengan perbaikan pada  menit terakhir dan peningkatan kinerja yang biasa, jadi jangan mengharapkan perubahan besar dari Beta 4 atau bahkan Beta 3, seperti dikutip dari The Verge, Kamis, 9 September.

Dan dalam beberapa minggu ke depan, Google baru akan merilis resmi versi Android 12 nya. Kemungkinan, Google Pixel yang akan mendapat pembaruan tersebut lebih dahulu, kemudian pihak ketiga di bulan berikutnya.

Menurut laporan, skema desain Material You tetap menjadi perubahan paling mencolok di Android 12, termasuk penyegaran antarmuka secara keseluruhan, animasi yang lebih lancar, serta tema warna yang beradaptasi dengan wallpaper pengguna.

Pengguna juga akan melihat lebih banyak fitur privasi, termasuk Privacy Dashboard khusus dan Private Compute Core. Halaman ini memungkinkan pengguna menonaktifkan saran keyboard dan fitur Android lainnya yang menggunakan pembelajaran mesin di perangkat. Private Compute Core mencakup lebih dari sekadar saran keyboard, karena ini adalah hub untuk semua fitur berbasis AI di Android 12.

Adapula tombol dan indikator yang sedang digunakan untuk kamera dan mikrofon. Serta peningkatan tersembunyi seperti rotasi otomatis berbasis kamera. Sayangnya, dengan desain ulang menu daya di Android 12, tidak ada lagi ruang untuk fitur Device Controls atau Quick Access Wallet.

Google tidak menyingkirkan keduanya, karena masih dapat diakses dari tab Quick Settings. Sekarang dengan Android 12 Beta 5, Device Controls juga dapat diakses langsung dari layar kunci melalui pintasan.

Selanjutnya, Google Calculator juga telah diperbarui ke versi 8.0, dan menghadirkan Material You yang didesain ulang, seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah.

Sedangkan pada ponsel Pixel dengan Android 12 beta 5, pengguna bisa mengakses fitur pencarian baru di dalam tab aplikasi. Di bagian atas tab aplikasi terdapat bilah pencarian yang bertuliskan Search your phone and more. Hasil yang akan pengguna lihat tidak akan menyertakan hasil web, tetapi menemukan konten dalam aplikasi. Sayangnya, tidak diketahui apakah ini juga bekerja pada Android skin seperti One UI atau Oxygen OS.