Gara-Gara Berita Palsu, Harga Kripto Litecoin (LTC) Meroket
Kripto Litecoin naik gara-gara berita palsu sebelum akhirnya di-dump (Cryptonewz)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto Litecoin (LTC) langsung meroket dengan cepat menyusul rumor yang menyebutkan bahwa raksasa ritel Walmart dikabarkan menerima pembayaran dengan kripto Litecoin. Namun kabar tersebut ditampik oleh pihak Walmart, sehingga harga LTC langsung anjlok seketika.

Melansir DailyHodl, belakangan sejumlah media seperti Reuters, CNBC, dan Yahoo menyebutkan bahwa Walmart bermitra dengan Litecoin sehingga LTC dijadikan sebagai bentuk pembayaran.

Ketika pemberitaan tersebut beredar pada Senin 13 September kemarin, harga kripto Litecoin meroket dari Rp2.483.344 ke harga Rp3.354.984 sebelum kembali anjlok ke harga Rp2 jutaan, sebagaimana laporan data dari CoinGecko.

Tidak lama setelah itu, menyusul kabar yang menyebutkan bahwa pihak Walmart melalui juru bicaranya memberitahu Reuters dan CNBC dengan menyatakan bahwa tidak ada kemitraan sebagaimana yang diberitakan sebelumnya. Selain itu, pihak Litecoin Foundation juga membantah rumor yang beredar dengan tegas pihak LTC mengatakan bahwa kesepakatan dengan Walmart tersebut tidak pernah dibuat.

Saat rumor berkurang, harga LTC pun kembali turun. LTC mengalami penurunan 3,8 persen dalam satu hari kemarin. Namun pada hari Selasa 14 September ini, harga LTC hanya mampu naik 3,5 persen dalam 24 jam terakhir.

Tentunya, sejumlah trader mengambil keuntungan akibat kenaikan harga yang tiba-tiba ini seperti yang dilakukan oleh trader Cantering Clark melalui akun Twitter-nya @CanteringClark. Dia berhasil memanfaatkan volatilitas yang tiba-tiba tersebut untuk melakukan take profit.

“Baru saja membayar biaya kuliah anak-anak di masa depan, terima kasih Walmart!” tulis Clark di dalam kicauannya.

“Saya beralih dari long dan menutup bank, menjadi short 221 dan membuat bank.

PASAR MEME MENANG!”

Berita terkait Litecoin dan Walmart tidak pernah muncul di situs resmi Walmart. Globe Newswire selaku media layanan distribusi press release untuk sejumlah media juga telah menghapus berita tersebut. Tampaknya hal itu merupakan skema pump and dump yang dilakukan terhadap kripto LTC.