Nintendo  Tengah Kembangkan Joy-Con Switch <i>Anyar</i>, Ini Penampakannya
Nintendo dilaporkan mengajukan kontroler baru untuk Switch ke Komisi Komunikasi Federal (FCC) (foto: dok. unsplash )

Bagikan:

JAKARTA - Nintendo dilaporkan mengajukan kontroler baru untuk Switch ke Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat (AS) yang cukup misterius, dan sedikit menarik karena memiliki nomor model HAC-043.

Dalam daftar tersebut, konvensi penamaan yang digunakan Nintendo sama dengan aksesori Switch lainnya. Semua perangkat keras Switch menggunakan “HAC” sebagai nama kode mereka.

Meski demikian, belum ada foto yang beredar, tetapi angka itu unik karena persis dengan pengontrol SNES Nirkabel yang dirilis Nintendo beberapa waktu lalu dengan kode HAC-042. Pengontrol SNES juga terungkap dengan cara ini.

Menurut laporan The Verge, Jumat, 17 September, perusahaan mengajukan permintaan 180 hari untuk kerahasiaan perangkat tersebut ke FCC pada 26 Juli yang menyembunyikan lebih banyak detail, seperti foto dan skema sebenarnya.

Perlu dicatat, pengajuan paten atau pun ID di FCC dilakukan perusahaan untuk memperkuat ide-ide mereka, namun tidak menjamin perangkat baru tersebut akan terwujud.

Tetapi beberapa detail berhasil mencuat, perangkat ini diklaim berbasis nirkabel dan menggunakan Bluetooth. Sayangnya, perangkat tersebut akan menarik lebih banyak daya pada 3,5mW daripada 2,7mW Joy-Con.

Tidak sedikit penggemar yang berharap bahwa perangkat ini adalah versi Joy-Con yang diperbarui. Pasalnya, drift telah menjadi masalah besar bagi banyak pemain selama ini. Banyak yang berspekulasi model Switch OLED yang akan datang membawa generasi baru Joy-Con yang akan mengatasi masalah penyimpangan kontroler.

Sayangnya, sistem baru tidak memperbarui kontroler sama sekali, tetapi hanya berfokus pada pembaruan perangkat keras di bagian layar. Beberapa lainnya berspekulasi bahwa HAC-043 dapat mereplikasi kontroler konsol lama lainnya seperti yang dilakukan pengontrol SNES nirkabel untuk SNES. Adapula permintaan untuk kontroler Pro baru karena Sony dan Microsoft telah memperbarui kontroler mereka dengan generasi konsol terbaru.

Sayangnya, Nintendo enggan mengungkapkan apakah HAC-043 merupakan perbaikan dari Joy-Con atau mendatangkan kontroler baru dengan kemampuan yang lebih unggul. Mengingat rekam jejak Nintendo, kita sepertinya harus menunggu dengan sabar untuk melihat apa yang sedang mereka kerjakan saat ini dengan pengontrol tersebut.

Belum lama ini diketahui, Nintendo juga menambahkan dukungan audio Bluetooth ke Switch melalui pembaruan perangkat lunak, setelah bertahun-tahun para gamer mengharapkan hal ini.