Bumi Sudah Tua dan Rapuh, Jeff Bezos Akan Donasikan Rp14,2 Triliun untuk Atasi Perubahan Iklim
Jeff Bezos akan beri sumbangan 1 miliar dolar AS untuk dukung pencegahan climate change (TheVerge)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Amazon dan Blue Origin, Jeff Bezos mengungkapkan bakal mendonasikan uang sejumlah 1 miliar dolar AS (setara Rp14,2 triliun) pada tahun 2021 ini. Sumbangan tersebut ditujukan untuk memberi dukungan terhadap uapaya konservasi dan merupakan bagian dari komitmen Bezos Earth Fund.

Donasi sejumal itu merupakan salah satu bagian dari total sumbangan senilai 10 miliar dolar AS (Rp142 triliun) yang dialokasikan untuk memberikan dukungan terhadap para ilmuwan, aktivis, dan berbagai organisai yang bekerja mengatasi perubahan iklim hingga 2030 mendatang.

Nantinya alokasi dana tersebut digunakan untuk mendukung restorasi lanskap dan transportasi sistem pangan. Salah satu orang terkaya di Bumi itu mengatakan bahwa alam adalah sistem pendukung kehidupan yang saat ini sudah menjadi rapuh.

“Alam adalah sumber pendukung kehidupan kita dan itu rapuh,” kata Bezos sebagaimana dikutip dari CNBC International pada Rabu 22 September.

“Saya diingatkan tentang hal ini pada bulan Juli ini ketika saya pergi ke luar angkasa dengan Blue Origin. Saya pernah mendengar bahwa melihat Bumi dari luar angkasa mengubah sudut pandang seseorang tentang dunia, tetapi saya mengira untuk seberapa banyak itu akan benar adanya," tambah Bezos.

Dana hibah dari Bezos Earth Fund dialirkan untuk membangun, memperluas, dan mengelola kawasan lindung dan konservasi. Sebagian besar fokus Bezos Earth Fund tertuju pada kawasan Cekungan Kongo Afrika Tengah, Andes tropis dan juga wilayah Samudera Pasifik tropis. Lokasi-lokasi tersebut merupakan sumber keanekaragaman hayati dengan stok karbon melimpah yang tersimpan di tanah dan lautan.   

“Kondisi alam kita tidak lebih baik dari 500 tahun yang lalu, ketika kita menikmati hutan yang masih alami dan sungai yang bersih, dari zaman pra industri. Kita bisa dan harus membalikkan keadaan ini,” ungkap Bezos.

Pada bulan Juli lalu, Bezos resmi mengundurkan diri dari jabatan CEO Amazon. Dia menyerahkan tahtanya kepada Andy Jassy. Kemungkinan Bezos bakal menghabiskan lebih banyak waktunya untuk membantu permasalahan Bumi melalui Bezos Earth Fund dan juga akan fokus mengurusi perusahaan roket luar angkasanya, Blue Origin.