Elon Musk Sindir Roket Milik Jeff Bezos: Kalau Cuma Pergi ke Suborbital, Roket Anda Bisa Lebih Pendek
Elon Musk ejek Jeff Bezos (Roadniche)

Bagikan:

JAKARTA – Elon Musk, bos SpaceX dan Tesla itu merupakan sosok yang eksentrik. Baru-baru ini Musk mengejek pesaingnya Jeff Bezos dengan mengatakan bahwa roket Blue Origin harusnya punya ukuran yang lebih pendek jika cuma bisa menjangkau suborbital.

Elon Musk dan Jeff Bezos merupakan dua orang terkaya di dunia yang kerap berselisih. Sebelumnya, NASA memilih untuk menggandeng perusahaan roket milik Musk, SpaceX, dalam misi pendaratan ke bulan. Mengetahui hal itu, Bezos tidak berdiam diri saja. Dia mengajukan banding ke pengadilan dan mempertanyakan kenapa NASA lebih memilih SpaceX ketimbang perusahaan roket miliknya, Blue Origin.

Selain itu, Musk dan Bezos juga sering bersaing dalam proyek luar angkasa. Beberapa waktu lalu Bezos berhasil terbang ke luar angkasa dengan menggunakan roket Blue Origin New Shepard. Sejumlah kalangan menanggapi bentuk roket tersebut seperti kelamin pria. Ketika Elon Musk ditanya mengenai bentuk roket New Shepard, dia hanya mengatakan: “Saya pikir itu (roket New Shepard) bisa menjadi bentuk yang berbeda.”

“Kalau cuma pergi ke suborbital, roket Anda bisa lebih pendek,” sindir Musk diikuti gelak tawa penonton.

Sebagai informasi, suborbital merupakan garis imajiner Karman yang terletak 62 mil di atas permukaan laut. Garis imajiner Karman kerap disebut sebagai batas antara atmosfer Bumi dan ruang angkasa.

Elon Musk melontarkan sindiran terhadap Blue Origin yang digadang-gadang bakal menjadi wahana wisata antariksa, namun hanya bisa terbang ke suborbital saja dan tidak benar-benar terbang ke luar angkasa. New Shepard terbang di ketinggian 100 km di atas Bumi. Ketinggian tersebut sudah disepakati secara internasional sebagai perbatasan antariksa akantetapi masih jauh dari orbit Bumi, titik yang biasa ditembus oleh perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX.

Melalui akun Twitternya, Elon Musk melontarkan sebuah meme yang mengejek Jeff Bezos. Meme diambil dari cuplikan film Star Wars yang kemudian diedit dengan wajah Bezos dan Musk. Meme tersebut bermakna Musk meragukan pernyataan Bezos yang akan terbang ke luar angkasa. Musk juga menambahkan tulisan “Haha” dalam meme tersebut.

Musk dikenal sebagai sosok yang kontroversial dan kerap melakukan hal-hal yang usil seperti mengejek proyek ruang angkasa Bezos. Musk juga pernah menyebut roket Blue Origin sebagai peniru saja. Tidak berhenti sampai di situ, bos Tesla itu juga pernah mengejek roket Blue Origin yang lain yaitu Lunar Lander dengan sebutan “Blue Balls”. Kedua orang terkaya di Bumi itu dikenal sering berselisih.

Ketika Blue Origin menggugat NASA terkait kontrak misi pendaratan di Bulan dengan SpaceX. Ditanya mengenai gugatan yang dilayangkan Bezos, Elon Musk menanggapinya dengan santai. “Saya pikir dia (Bezos) lebih baik menggunakan energinya untuk terbang ke orbit daripada mengurus gugatan,” ungkap Musk sebagaimana dikutip dari Business Insider.

“Anda tidak bisa menuntut orang untuk pergi ke Bulan, tidak peduli seberapa hebat pengacara Anda,” seloroh Musk.