Siap-Siap! NASA Luncurkan Misi Lucy ke Asteroid Trojan Dekat Jupiter 16 Oktober Nanti, Apa Tujuannya?
Pesawat ruang angkasa Lucy diperkirakan akan melakukan perjalanan hampir 4 miliar mil. (foto NASA)

YOGYAKARTA - Aksi misi menerbangkan pesawat ruang angkasa yang dijuluki Lucy ke sekelompok asteroid di dekat Jupiter jadi target terdekat NASA pada 16 Oktober nanti.

Misi ini dinamai untuk penemuan terkenal dari kerangka parsial dari nenek moyang manusia yang hidup lebih dari 3 juta tahun yang lalu. Sisa-sisa fosil dijuluki "Lucy" oleh ahli palaeoanthropology yang menemukannya.

BACA JUGA:

NASA Luncurkan Misi Lucy ke Asteroid Trojan Dekat Jupiter

Misi 12 tahun ini dirancang untuk memberi para ilmuwan pengetahuan tentang asteroid Trojan, yang berbagi orbit mengelilingi Matahari dengan planet terbesar di Tata Surya itu.

Asteroid Trojan merupakan sisa-sisa bahan primordial dari mana Jupiter dan planet-planet luar lainnya terwujud. Batuan ruang angkasa berfungsi mirip dengan kapsul waktu dari hari-hari permulaan Tata Surya terwujud sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Sebelumnya, pesawat ruang angkasa Juno NASA sudah mengelilingi Jupiter semenjak 2016, tapi ini akan menjadi ekspedisi pertama badan itu untuk mempelajari dua gerombolan asteroid Trojan, satu kategori pemimpin di depan Jupiter dan yang lainnya di belakang planet ini.

"Dengan mempelajari asteroid ini dari dekat, para ilmuwan berharap untuk mengasah teori mereka tentang bagaimana planet Tata Surya kita terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu dan mengapa mereka berakhir dalam konfigurasi mereka saat ini," ungkap ilmuwan proyek misi NASA, Tom Statler seperti dikutip dari NBC News, Jumat, 1 Oktober.

Selama misi ini, pesawat ruang angkasa Lucy diperkirakan akan melakukan perjalanan hampir 4 miliar mil. Lintasan asteroid pertamanya akan berlangsung 2025, ketika ia melesat melewati batu ruang angkasa di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter.

Baca selengkapnya di: 16 Oktober NASA Luncurkan Misi Lucy ke Asteroid Trojan Dekat Jupiter, Ini Tujuannya!

Terkait