Ditemukan Planet yang Punya Atmosfer Mirip Bumi, Apakah Bisa di Tinggali?
Ilustrasi planet TOI-1231 b yang disebut punya atmosfer mirip Bumi (NASA Gov)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Para ahli dari Jet Propulsion Laboratory, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), dan Universitas New Mexico dilaporkan telah berhasil menemukan planet yang memiliki atmosfer seperti Bumi.

Planet tersebut dideteksi melalui data fotometrik dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) dan Planet Finder Spectograph (PFS) pada teleskop Magellan Clay di Las Campanas Observatory, Chili.

Punya Atmosfer Mirip Bumi

Para peneliti menamai planet yang diyakini punya atmosfer seperti Bumi itu dengan nama TOI-1231 b. Planet TOI 1231 b memiliki ukuran yang lebih kecil dari planet Neptunus yang mengorbit selama 24 hari. TOI-1231 b mengorbit bintang katai M.

Science Daily melaporkan bahwa bintang katai M merupakan bintang paling umum di Bima Sakti yang membentuk sekitar 70 persen dari semua bintang di galaksi.

“TOI-1231 b sangat mirip dalam ukuran dan kepadatan dengan Neptunus, jadi kami pikir ia memiliki atmosfer gas yang sama besar,” ungkap Jeniffer Burt, penulis utama penelitian tersebut.

Menurut Diana Dragomir, ilmuwan dari Departemen Fisika dan Astronomi Universitas New Mexico menyatakan bahwa TOI-1231 b delapan kali lebih dekat dengan bintangnya ketimbang jarak Bumi dengan Matahari. Suhu di sekitar planet tersebut juga mirip dengan Bumi karena bintang induknya lebih dingin dan tidak begitu terang.

“Namun, planet itu sendiri sebenarnya lebih besar dari bumi dan sedikit lebih kecil dari Neptunus, kita menyebutnya sub-Neptunus,” kata Dragomir.

Kemudian, temperatur TOI-1231 b diperkirakan 330 Kelvin atau 56.85 derajat Celcius. Keadaan itu menciptakan planet TOI-1231 b sebagai salah satu planet ekstrasurya kecil yang dapat diakses untuk meneliti inovasi atmosfer baru-baru ini.

Dari hasil penelitian yang dilaksanakan para spesialis, planet TOI-1231 b diprediksi mempunyai awan tinggi di atmosfernya. Ini membikin para ilmuwan kesusahan untuk menetapkan variasi gas apa yang mengelilinginya. Sedangkan itu, para astronom kaget dengan bukti inovasi air di atmosfer TOI-1231 b.

“TOI-1231 b adalah satu-satunya planet lain yang kita ketahui dalam ukuran dan kisaran suhu yang sama, jadi pengamatan di masa depan dari planet baru ini akan memungkinkan kita menentukan sebarapa umum (atau jarang) awan air terbentuk di sana,” kata Burt.

Selain itu, Dragomir juga mengungkapkan bahwa TOI-1231 b dikelilingi oleh atmosfer yang substansial, dia juga menepis kemungkinan planet tersebut merupakan planet berbatu mengingat kepadatannya yang rendah.

“TOI-1231 b dapat memiliki atmosfer hidrogen atau hidrogen-helium yang besar, atau atmosfer uap air yang lebih padat,” kata Dragomir.

Temuan TOI-1231 b yang dinilai punya potensi layak huni ini menarik perhatian para astronom. Meski demikian, para peneliti belum mengetahui komposisi dan luasnya atmosfer planet TOI-1231 b tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Telah Ditemukan Planet yang Punya Atmosfer Mirip Bumi! Layak Huni?, saatnya merevolusi pemberitaan!