Pandemi Mendorong Peningkatan Penggunaan Pembayaran Digital
Fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peningkatan penggunaan aplikasi pembayaran digital karena pandemi COVID-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun, kata Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari.

"Sebenarnya situasi pandemi ini bahkan membuat lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan pembayaran digital," ujar wanita yang akrab disapa Lala itu saat diskusi virtual bersama media pada Kamis.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia sepanjang bulan Agustus 2021, Lala memaparkan, transaksi menggunakan uang digital meningkat hampir 44 persen year-on-year (yoy). Bahkan, menurutnya, jumlah transaksi uang digital saat ini akan terus bertambah.

Peningkatan Penggunaan Pembayaran Digital


Sementara itu, lanjut Lala, data internal ShopeePay menunjukkan frekuensi penggunaan ShopeePay pada tahun 2021 meningkat menjadi dua kali lebih sering dibandingkan tahun 2020.

Penggunaan pembayaran digital pun saat ini semakin beragam mulai dari membeli makanan dan minuman, kebutuhan sehari-hari, produk atau layanan penunjang kesehatan, wisata, fesyen, kecantikan, donasi, investasi, pulsa, hiburan, serta logistik.

"Jadi memang uang digital ini lebih banyak dipilih karena pastinya memberikan kenyamanan dan keamanan, tidak hanya dari benefit yang ditawarkan tapi juga fitur contactless sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan uang atau menyentuh mesin EDC yang mungkin sudah ribuan orang yang memakainya," kata Lala yang dikutip VOI dari ANTARA.

Melihat peningkatan jumlah pengguna pembayaran digital, Lala mengatakan ShopeePay akan terus berinovasi agar dapat selalu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Adapun inovasi yang dilakukan ShopeePay untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik saat bertransaksi digital adalah melalui fitur Online to Offline (O2O). Fitur tersebut, tutur Lala, akan sangat memudahkan para merchant untuk meningkatkan visibilitas usaha mereka.

"Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai macam promo di sekitar mereka, sedangkan untuk merchant tentunya bisa membantu meningkatkan bisnis dengan memperluas jangkauan visibilitas dan meningkatkan traffic," imbuh Lala.

Dia melanjutkan, fitur yang termasuk dalam O2O adalah ShopeePay Sekitarmu yang memungkinkan pengguna melihat promo ShopeePay yang tengah berlangsung di sekitarnya dan Promo Mal Sekitarmu untuk melihat promo menarik di mall terdekat.

Tak hanya itu, dari tanggal 6-14 Januari 2022 pengguna bisa menikmati Voucher Cashback 80 persen, Minimarket Pasti Diskon, dan Flash Sale Rp1. Dapatkan keuntungan lebih banyak dengan Voucher ShopeePay Rp1 pada tanggal 12-14 Januari 2022. Semua promo tersebut dapat dinikmati dengan cara membeli vouchernya di fitur ShopeePay Sekitarmu yang ada di dalam aplikasi Shopee.

Promo ShopeePay Sekitarmu dapat dinikmati untuk jajan dan belanja di ratusan merchant favorit, seperti Sour Sally, Auntie Anne's, Solaria, HokBen, Eatlah, Shaburi & Kintan Buffet, Pepper Lunch, Fore Coffee, Traffic Bun, Gildak, Rucci Art Cycle, dan masih banyak lagi.