Berita Kripto: Modal Rig Mining Kecil, Penambang Bitcoin Individu Ini Mendapat Jackpot Senilai 215.000 Dolar AS dalam BTC
Rig penambangan mini (Tangkapan layar Twitter @ckpooldev)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tampaknya persepsi tersebut telah berubah dengan munculnya miner individu yang mendapatkan jackpot dari aktivitas penambangannya yang menggunakan rig mining kecil. Aktivitas penambangan (mining) Bitcoin yang dilakukan secara individual dinilai kalah saing dengan perusahaan penambangan BTC. 

Dilansir dari Cryptopotato, seorang penambang Bitcoin yang beralih ke rig penambangan kecil berbasis USB telah mendapatkan jackpot. Penambangan kecil yang dilakukan secara individu itu kian populer dan mengalami pertumbuhan signifikan.

Menurut outlet perangkat keras komputer, Tom's Hardware, satu penambang baru-baru ini memecahkan blok dengan rig yang memiliki tingkat hash sekitar 8,3 TH/s (terahash per detik). Ini menghasilkan hadiah lebih dari 215.000 dolar AS dalam bentuk Bitcoin.

Penambang Bitcoin Individu Ini Mendapat Jackpot

Kumpulan solo.ckpool.org, yang menawarkan “penambangan bitcoin solo anonim dengan biaya 2% untuk semua orang,” melaporkan kemenangan besar untuk penambang mini tersebut pada 24 Januari kemarin.

Tom’s Hardware melaporkan, penambang solo yang memiliki rig mini tersebut  beroperasi pada sepersepuluh dari tingkat hash 86 TH/s. Sebagai perbandingan, Bitmain baru-baru ini mengumumkan bahwa Antminer S19 Pro+ Hyd menawarkan tingkat hash 198 TH/s dan beratnya lebih dari 14.000 dolar AS.

Ini bukan pertama kalinya seorang miner di Solo CK Pool mendapatkan jackpot. Pada 11 Januari lalu, seorang penambang solo dengan rig 120 TH/s berhasil mencetak emas digital, menambahkan blok baru dan mendapatkan hadiah lebih dari 270.000 dolar AS dari 6,25 BTC pada saat itu. Penambang solo lain yang menggunakan 116 TH/s juga berhasil menemukan blok yang valid dan menerima lebih dari 260.000 dolar AS beberapa hari kemudian.

Pada saat itu, administrator Solo CK Pool Dr. Con Kolivas mengatakan bahwa itu bukan kejadian yang tidak diharapkan dan tidak ada yang salah dengan algoritma konsesus Proof-of-Work (PoW) atau jaringan Bitcoin.

“Layanan penambangan solo saya tidak memiliki pintu belakang untuk memecahkan blok lebih cepat. Dengan penambangan penambang yang cukup, seseorang akhirnya memecahkan blok, dan itu bisa menjadi penambang dengan ukuran berapa pun,” ujar Kolivas.

Bitcoin bukan satu-satunya yang dapat memberikan jackpot bagi para penambangnya, penambangan Ethereum juga diinfokan masih dapat memberikan profit bagi para miner individu. Pada minggu lalu, seorang penambang ETH solo menerima jackpot 168 ETH, kaprah-kaprah seimbang dengan 540.000 dolar AS pada dikala itu.

Penambang berada di kolam penambangan ETH solo yang menciptakan sekitar 1,5 TH/dtk, tapi individu itu cuma berkontribusi sekitar rata-rata 2,25 GH/dtk. Meskipun tak seluruh penambang individu dapat mujur menerima jackpot serupa itu, tapi momen di atas menandakan bahwa penambang individu masih dapat mendapatkan profit yang tak terduga.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Modal Rig Mining Kecil, Penambang Bitcoin Individu Ini Mendapat Jackpot Senilai 215.000 Dolar AS dalam BTC, saatnya merevolusi pemberitaan!