Berita Olahraga: Empat Hari ASEAN Para Games, Indonesia Mengantungi 59 Medali Emas
Panitia penyelenggara menyiapkan sejumlah medali emas untuk peraih posisi pertama para-renang ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/8/2022). ANTARA FOTO

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini Kontingen Indonesia sudah berhasil mengantungi 59 medali emas ASEAN Para Games 2022 setelah penyelenggaraan pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar Asia Tenggara itu memasuki hari keempat, Selasa.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk ASEAN Para Games 2022, Andi Herman, mengatakan selain 59 emas, para atlet Merah Putih juga sudah memperoleh 35 perak dan 28 perunggu atau secara keseluruhan mengoleksi 122 keping medali.

"Kita masih ada waktu empat hari, sehingga target minimal 104 medali emas optimistis dapat tercapai," katanya di Solo, Selasa seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Ia mengatakan hingga saat ini sebanyak 133 nomor dari total 461 nomor sudah dipertandingkan.

Mengantungi 59 Medali Emas

"Artinya perolehan medali telah selesai untuk 133 nomor tersebut. Dari jumlah itu kontingen Indonesia sampai saat ini mencapai medali sesuai prediksi," katanya.

Ia mengatakan untuk cabang olahraga yang menyumbangkan medali emas paling banyak yakni para atletik dengan perolehan 27 emas diikuti para renang yang sudah menghasilkan 10 emas.

"Cabang catur tadi baru saja selesai seremoni pemberian medali. Seluruhnya memperoleh empat medali emas dan blind judo juga dapat empat emas. Cabang olahraga lain seperti bulu tangkis dari beregu dapat emas satu. Saat ini atlet kita sedang berjuang di nomor perorangan," katanya.

Untuk para atletik, pihaknya memperkirakan perolehan emas masih akan bertambah menyusul performa baik dari para atlet Indonesia.

"Ada beberapa capaian yang melebihi rekor sebelumnya, ada juga yang semula tidak diprediksi dapat medali justru ini dapat medali emas," katanya.

Pada kesempatan yang sama, atlet para atletik yang hari ini baru saja meraih emas di dua nomor yang diikutinya Saptyogo Purnomo mengaku senang dengan perolehan tersebut.

"Tadi saya dapat medali emas untuk nomor 200 m dan 300 m. Mudah-mudahan besok saat main di nomor 400 m dapat medali emas lagi," katanya.

Sementara itu, salah satu atlet wheelchair basketball I Wayan Suparta mengatakan pada pertandingan 3x3 harus puas dengan hasil perunggu.

"Kami baru bisa mencapai medali perunggu, tidak banyak yang bisa saya sampaikan. Terima kasih yang sudah mendukung kami," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!