Ulama Ingin Ganjar Mewujudkan Pendidikan Gratis Santri dan Dai
Para santi, dai dan ulama mendeklarasikan aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Gedung Islamic Center IMMIM, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah ulama mengharapkan program pendidikan gratis bagi santri, dai dan ustadz untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dapat diakomodir Ganjar Pranowo yang akan maju pada Pemilu 2024.

"Kami berharapan, Pak Ganjar bisa mewadahi pendidikan gratis bagi dai, santri, ustadz maupun ulama di Indonesia secara umum dan terkhusus di Sulsel," harap Ketua Deklarator, Ustadz Muhammad Asriady, di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, penyampaian aspirasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas SDM bagi para dai, ustadz dan ulama dalam mendukung dakwah menyampaikan risalah agama di tengah perkembangan zaman teknologi seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Mewujudkan Pendidikan Gratis Santri dan Dai

Kehadiran Ganjar sebagai pemimpin yang dikenal ramah kepada masyarakat, dekat dengan para ulama, peduli kepada pesantren, cakap memimpin, dan berhasil menjalankan berbagai kebijakan yang berpihak ke rakyat, diharapkan bisa mewujudkan aspirasi itu.

"Semoga Pak Ganjar selalu istiqomah dan mempertahankan nilai-nilai kearifan, nilai kebaikan yang selama ini sudah digalakkan," kata Asriady.

Hal senada disampaikan perwakilan ulama Makassar, Kiai Rasyid Kudaidah, dengan menyatakan bahwa peningkatan SDM bagi para santri, dai, ulama memang penting untuk ditingkatkan seiring perubahan zaman.

Ia pun selalu mengikuti pergerakan rekam jejak Ganjar selama menjabat anggota DPR dan kini menjadi Gubernur Jawa Tengah hingga peduli nasib pesantren dan dekat bersama ulama.

"Selama menjalankan amanah, beliau bekerja sangat bagus, dua periode sebagai gubernur Jawa Tengah dan anggota legislatif DPR. Tentu, kita arahkan sosok seperti ini memimpin agar membawa negara kita lebih baik," kata dia.

Sebelumnya, seribuan santri, ustadz, kyai dan ulama dari seluruh wilayah Sulsel berkumpul untuk melaksanakan istighosah Kebangsaan dan Doa Bersama, dirangkaikan mendeklarasikan aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Gedung Islamic Center IMMIM, Makassar.